Keranjang Belanja
Advertisement

Pahami Etika Merayakan Valentine di Kantor agar Tak Singgung Kolega

Valentine adalah hari kasih sayang yang ditunggu-tunggu kebanyakan orang untuk memberikan kado bunga buat pacar atau sekedar bunga Valentine untuk sahabat. Namun, ada juga sebagian besar orang yang tidak merayakannya dan menganggap hari tersebut sama dengan hari lainnya. Karena itulah, Anda harus memahami beberapa etika merayakan hari Valentine, khususnya di lingkungan kerja yang melibatkan kolega kerja.

Pahami Etika Merayakan Valentine di Kantor agar Tak Singgung Kolega

MERAYAKAN hari Valentine bukan hanya tentang merayakan hari kasih sayang bersama pasangan atau sahabat dan keluarga. Para pekerja kantor yang menyambut hari Valentine tetap harus mengenal etika dan aturan karena tidak semua orang merayakannya.

Anda mungkin terbiasa mendapatkan bunga, permen, ataupun hadiah lainnya saat Valentine. Namun, Anda harus ingat jika tidak semua orang seberuntung Anda.

Hari Valentine ibarat hari libur di mana kasih sayang dan percintaan dirayakan, sehingga Anda pasti ingin cepat berduaan dengan pasangan. Saat hari H, Anda sudah mempersiapkan kado bunga buat pacar dan ingin pulang lebih awal untuk makan malam romantis berdua.

Tapi, apakah Anda yakin untuk meninggalkan pekerjaan kantor demi merayakan hari Valentine? Dan taukah Anda, tanpa disadari, Anda mungkin telah menyinggung perasaan kolega di kantor?

Tak hanya itu, jika Anda adalah pihak yang menerima kejutan rangkaian bunga mawar yang dikirimkan ke meja kerja Anda, beberapa kolega sekantor mungkin merasa tak nyaman.

Oleh karena itu, kenali dulu 4 tips merayakan hari Valentine tetapi tetap menghargai perasaan kolega kerja anda.

Tetap Bekerja Secara Profesional

Anda harus tetap terlihat profesional di hadapan kolega kerja khususnya sang atasan. Jangan sampai anda meninggalkan setumpuk pekerjaan hanya untuk merayakan Valentine.

Selain itu, jika pasangan Anda berada di gedung yang sama, tetaplah profesional dan hindari menunjukkan gesture romantis. Anda harus menahan diri untuk tidak melakukan kejutan-kejutan romantis di kantor, seperti memberikan buket bunga Valentine untuk pasangan yang kebetulan satu kantor dengan Anda.

Lakukanlah saat jam kerja kalian sudah selesai. Ajak si dia untuk makan malam romantis dan mampirlah ke toko bunga untuk membeli seikat buket mawar cantik. Prioritas utama Anda saat di kantor adalah pekerjaan dan hubungan yang baik dengan kolega kerja. 

Baca juga: Berikan Bos Anda Hadiah Bunga Ini !

Mengirimkan Kartu Ucapan Valentine

Anda juga dapat merayakan Valentine dengan para kolega kerja. Anda dapat mengirim sebuah kartu ucapan Valentine.

Tapi perlu diingat jika ucapan yang ditulis bukanlah ucapan romantis. Anda harus dapat membedakan kepada siapa Anda bisa bersikap romantis dan kepada siapa Anda harus bersikap ramah.

Tuliskanlah ucapan terima kasih ataupun penghargaan dengan ditambahkan kata-kata humor dan kirimkan bersamaan dengan bunga meja kepada kolega kerja atau mentor Anda untuk menjalin hubungan pertemanan yang lebih erat.

Jangan Memberikan Hadiah yang Berlebihan

Tips selanjutnya adalah hindari memberikan hadiah yang berlebihan kepada kolega kerja anda. Hindari memberikan bunga yang berlebihan sehingga membuat suasana kantor menjadi kotor.

Selain itu, kirimkan kartu ucapan Valentine dengan kata-kata sederhana yang menunjukkan ketulusan hati anda. Hindari menggunakan kata-kata kasar atau yang mengandung unsur SARA (meskipun hanya bercanda), yang dapat merusak pertemanan Anda.

Baca juga: Berikan Teman Terbaik Anda Seikat Bunga!

Saat Anda menerima bunga atau kado Valentine dari kolega, balaslah dengan hadiah juga. Anda dapat memberikan hadiah berdasarkan hobi mereka ataupun bunga meja yang bisa diletakkan di meja kerja mereka. Jenis bunga favorit juga dapat meningkatkan semangat kerja dan memberikan aura positif di lingkungan kerja.

Melakukan Perencanaan yang Matang

Tips ini mungkin sedikit sulit bagi sebagian orang karena Anda harus memberikan hadiah berdasarkan hobi masing-masing kolega. Hal ini dapat membantu Anda memahami karakteristik teman kerja lebih dalam dan menjalin pertemanan yang lebih erat.

Anda juga dapat mencari tahu siapa yang tidak merayakan Valentine, sehingga bisa merencanakan alternatif hadiah lainnya, misalnya membawa seloyang kue Valentine yang dapat dinikmati oleh seluruh karyawan di kantor.

JJ Royal Bavarian Chocolate Layer Cake, Rp. 300,000; beli di sini

Tinggalkan komentar

Komentar akan ditinjau sebelum ditampilkan

icon-arrow-left Kembali ke Inspirations