Keranjang Belanja
Advertisement

Makna Rangkaian Bunga Daisy Sebagai Hadiah Valentine

Bunga daisy ternyata luas makna maupun variannya. Maka dari itu, tak heran kalau bunga ini sering dipakai sebagai hadiah Valentine.

Makna Rangkaian Bunga Daisy Sebagai Hadiah Valentine

DEFINISI pakar bunga atau florist Jakarta soal bunga daisy jelas berbeda dari kebanyakan orang. Kita mungkin berpikir kalau daisy hanyalah bunga berkelopak putih dengan bundaran kuning atau biru di bagian pusatnya saja.

Hal itu tidak salah. Tapi menurut ahli botani, bunga daisy sebenarnya juga merujuk pada seluruh spesies dari family Asteraceae, yang mana meliputi bunga matahari, aster, dan ragweed.

Lantas apa makna bunga daisy?

Walau banyak jenisnya, namun inilah beberapa makna umum dari bunga daisy:

  1. Kemurnian, terutama daisy putih dengan bagian tengah kuning atau warna pucat lainnya
  2. Kesucian – juga diwakili oleh bunga daisy warna putih
  3. Awal baru – inilah alasan mengapa daisy seringkali dihadiahkan sebagai bunga meja untuk ibu yang baru melahirkan atau kado bagi anak-anak
  4. Cinta sejati – alasannya karena setiap bunga daisy sebenarnya terdiri dari 2 bunga yang menyatu dalam keharmonisan
  5. Bahwa penerimanya dapat menyimpan rahasia – so, kirimkan bunga ini sebagai hadiah Valentine  kalau Anda merasa pasangan adalah orang yang paling Anda percaya.

Baca juga: 10 Ide Hadiah Valentine Berkesan untuk Pria

Makna harfiah bunga daisy

Kata modern bahasa Inggris “daisy” sebenarnya muncul dari istilah Inggris kuno yang mustahil untuk dieja atau diperkatakan. Tapi intinya, istilah tersebut berarti “day’s eye” karena bunga daisy hanya terbuka saat siang hari saja.

Yellow Gerbera and White Chrysanthemums, Rp. 445,000; beli di sini

“Daisy” juga kerap dipakai sebagai slang word untuk menggambarkan sesuatu yang luar biasa kualitasnya. Namun seiring berlalunya waktu, ungkapan “that’s a daisy” berubah menjadi “that’s a doozy.”

Makna simbolis bunga daisy

Dalam paganisme modern, daisy melambangkan matahari karena penampakan bunganya yang dianggap mirip matahari atau bulan. Sedangkan di zaman Victoria, beragam spesies daisy kerap dipakai sebagai simbol untuk berbagai perasaan.

  • Aster amellus (daisy Michaelmas) – perpisahan
  • Gerber daisy – kebahagiaan (jenis ini sering dipasangkan dengan tanaman pakis yang melambangkan ketulusan)
  • Bellis perennis (daisy Inggris) – kemurnian (sering dipasangkan dengan primrose yang melambangkan masa kecil, dan/atau lumut sebagai simbol dari cinta seorang ibu)

Fakta menarik mengenai bunga daisy

  • Seperti disinggung sebelumnya, 1 daisy sebenarnya terdiri dari 2 bunga terpisah. Bagian pusatnya adalah sebuah bunga yang dikelilingi oleh ‘sinar’ dari bunga lainnya.
  • Bunga ini tumbuh sepanjang tahun, karenanya, tak perlu menunggu hari Valentine kalau ingin memesan daisy sebagai buket bunga atau bunga meja.
  • Daisy sebenarnya memiliki kekebalan terhadap kebanyakan penyakit tanaman atau hama. Oleh karenanya, bunga ini cocok sekali untuk Anda yang ingin mulai berkebun.
  • Sayangnya, daisy Inggris dianggap rumput liar di Amerika Utara.
12 Soft Pink Gerberas in a Bouquet, Rp. 395,000; beli di sini

    Karakteristik bunga daisy

    • Selama berabad-abad, anak-anak kecil menggunakan bunga ini untuk membuat rantai/ kalung bunga.
    • Daun bunga daisy dapat dimakan, terbukti dari beberapa orang yang terbiasa menambahkannya dalam sajian salad mereka.
    • Teh dari bunga daisy liar diyakini ampuh obati tenggorokan, luka terbuka, dan untuk mendetoksifikasi darah, namun belum ada studi klinis yang mendukung anggapan tersebut.
    • Mereka yang alergi ragweed biasanya juga alergi terhadap spesies atau produk turunan daisy lainnya.

    Baca juga: Tips untuk Membuat Bunga Murah Terlihat Mahal

    Kesimpulannya

    Karena dalam bunga ini terkandung unsur harapan dan awal baru, maka kalau Anda menerima (atau mengirim) daisy dari seseorang, itu artinya ia ingin Anda melihat dunia ini layaknya anak-anak yang memercayai bahwa hidup ini indah.

    Tinggalkan komentar

    Komentar akan ditinjau sebelum ditampilkan

    icon-arrow-left Kembali ke Inspirations