Keranjang Belanja
Advertisement

Cegah Bunga Meja Cepat Layu dengan 4 Cara Ini

Meletakan bunga meja di dalam ruangan memang dapat membuat suasana lebih sejuk dan ceria. Namun sayang, bunga meja seringkali cepat layu dan tidak bisa dipajang terlalu lama. 

Cegah Bunga Meja Cepat Layu dengan 4 Cara Ini

UNTUK membuat suasana dalam rumah atau ruang kerja lebih sejuk, meletakan bunga meja jadi salah satu cara yang bisa Anda coba.

Anda bisa membeli langsung di florist jakarta bunga meja atau membeli buket bunga untuk kemudian diletakan pada vas cantik yang ada di rumah. 

Untuk isinya sendiri, Anda bisa memilih sesuai selera dan suasana hati seperti rangkaian bunga mawar atau membeli bunga jenis lain seperti bunga lily dan bunga matahari

Tapi di sisi lain sayangnya bunga meja seringkali cepat layu dan tidak bisa dipajang terlalu lama. Namun jangan khawatir, dengan cara yang tepat Anda sebenarnya bisa kok membuat bunga meja jadi tahan lama.

Bagaimana caranya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini: 

 

1. Rutin Memotong Tangkai Bunga

Cara merawat bunga meja yang pertama adalah rutin memotong tangkai bunga tersebut. Hal ini wajib dilakukan karena bunga yang menyerap air terlalu banyak dapat membuatnya cepat layu dan mati. 

Untuk itu Anda harus memotong sekitar 0.5 – 1 cm tangkai bunga bagian bawah setiap hari untuk mengurangi penyerapan air lebih banyak.  

Tidak hanya itu Anda juga harus rutin mengganti air bunga sehingga mencegah berkembang biaknya jamur dan bakteri yang juga dapat mempercepat bunga menjadi layu.

Sementara, jika Anda memiliki bunga meja dengan jenis rangkaian bunga mawar, jangan lupa periksa batangnya untuk melihat apakah masih ada duri yang mungkin tersisa. 

 

White Oriental Lilies In Vase, Rp 495.000,- ; Beli di sini

2. Melapisi Ujung Batang

Jika ingin bunga meja bertahan lebih lama, cara merawat bunga meja selanjutnya adalah melapisi ujung bawah batang bunga dengan kapas lalu balut kembali dengan plastik yang bersih.

Perlu diperhatikan, Anda harus rutin mengganti kapas dan plastik untuk menghindari berkembang biaknya jamur dan bakteri. Sebelum melapisi ujung batang dengan kapas, potong batang sekitar 0.5 – 1 cm.

3. Simpan Bunga Meja dalam Suhu Normal

Jika Anda terbiasa dengan suhu ruangan di bawah rata-rata, maka agar bunga meja yang dimiliki tetap segar, cobalah mengubah hal tersebut.

Perlu diketahui, bunga meja yang disimpan dalam suhu ruangan terlalu dingin atau terlalu panas dapat membuat bunganya layu lebih cepat. Karena itu, letakan bunga meja pada ruangan yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung agar airnya tidak cepat menguap.

5 Sunflowers With Glass Vase, Rp 495.000,- ; Beli di sini

4. Hindari Meletakkan Bunga di Tempat yang Terkena Cahaya Matahari

Ada beberapa jenis bunga yang membutuhkan sinar matahari, namun ada juga jenis bunga yang hanya membutuhkan sedikit cahaya matahari. Oleh karena itu, Anda harus mengenali jenis bunga meja yang dimiliki.

Anda sebaiknya meletakkan bunga dalam ruangan yang tidak mendapatkan sinar matahari secara langsung. Begitupun jika ingin menyemprotkan atau mengganti air, maka Anda harus menghindari melakukanya saat terkena sinar matahari secara langsung.

Bukan tanpa alasan, cara tesebut dapat membuat bunga layu lebih cepat dan akhirnya mati. Sedikit tips, Anda bisa juga meletakan beberapa koin dalam vas agar bunga bisa segar lebih lama. 

 

Itu tadi 4 cara yang bisa Anda lakukan di rumah untuk membuat bunga meja tidak cepat layu. Selain menambahkan koin pada air, tips lainnya adalah Anda bisa memberikan sedikit cuka pada larutan air dalam vas. 

Cuka berfungsi untuk menghambat proses pembusukan bunga akibat bakteri yang hidup dalam air. Jika tidak menemukan cuka, Anda dapat menggantinya dengan perasan jeruk lemon secukupnya.

Tinggalkan komentar

Komentar akan ditinjau sebelum ditampilkan

icon-arrow-left Kembali ke Inspirations