Keranjang Belanja
Advertisement

Cara Merawat Bunga Mawar agar Tetap Awet

Mendapatkan sebuket bunga mawar memang menyenangkan. Mengagumi keindahan dan memajanganya di ruang tamu membuat suasana terasa lebih segar. Sayang, beberapa hari kemudian, keindahan tersebut perlahan mulai pudar seiring layunya bunga. 

Cara Merawat Bunga Mawar agar Tetap Awet

JIKA Anda sedang mencari cara untuk membuat buket bunga mawar di hari kelulusan, atau karangan bunga mawar merah di hari anniversary Anda tetap segar dan indah lebih lama, tentu Anda harus merawat bunga mawar tersebut.

Tidak cukup hanya dengan menaruh bunga mawar tersebut dalam sebuah pot berisi air, Anda memerlukan trik khusus cara merawat bunga mawar yang telah diterapkan banyak toko bunga di seluruh dunia.

Berikut cara merawat buket bunga mawar agar lebih awet dan tahan lama.

Aspirin

Cara pertama merawat bunga mawar dan bunga lainnya agar tetap segar lebih lama adalah dengan menggunakan aspirin. Gunakan aspirin yang sudah dihancurkan dan campur ke dalam air sebelum memasukan bunga mawar.

Untuk menjaga agar umur bunga semakin lama, ganti air vas setiap beberapa hari dan jangan lupa campurkan dengan aspirin.

Hair Spray

Seperti fungsinya untuk mempertahankan bentuk atau gaya rambut, hair spray juga dapat membantu Anda membuat karangan bunga terlihat segar lebih lama.

Caranya sangat mudah, berdirilah selangkah dari vas bunga kemudian semprotkan hair spray secara cepat hanya pada sisi bawah daun dan kelopak bunga mawar saja. Dengan begitu, buket bunga mawar Anda akan bertahan lebih lama dan terlihat segar

Dapatkan 24 Red Roses In Vase dengan harga Rp 495.000,- Beli di sini

Cuka Apel

Cara selanjutnya untuk menjaga kesegaran buket bunga mawar Anda adalah dengan cuka apel. Cukup mudah, campurkan 2 sendok makan cuka apel dan 2 sendok makan gula ke dalam air vas bunga mawar Anda.

Pastikan untuk sering mengganti air (tentunya termasuk campuran cuka apel dan gula) setiap beberapa hari untuk menjaga kesegaran bunga mawar Anda lebih lama.

Pemutih

Karangan bunga mawar merah Anda yang baru saja diberikan oleh orang terkasih akan bertahan lebih lama jika Anda menambahkan 1/4 sendok pemutih per 1 liter air vas.

Anda juga bisa mencoba cara merawat bunga mawar yang populer ini dengan mencampurkan 3 tetes pemutih dan 1 sendok teh gula dalam 1 liter air.

Resep ini juga akan menjaga air agar tidak cepat keruh dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Vodka

Rahasia merawat bunga mawar yang sudah dipotong agar terlihat segar selama mungkin adalah dengan mengurangi pertumbuhan bakteri dalam air dan memberi nutrisi yang dibutuhkan seperti yang didapatkan bunga sebelum dipotong.

Kali ini Anda dapat menggunakan vodka. Ya tidak hanya enak untuk diminum, Vodka juga bisa membuat karangan bunga Anda tahan lebih lama. 

Cobalah menambahkan beberapa tetes vodka ke dalam air sebagai anti bakteri serta 1 sendok teh gula. Jangan lupa mengganti campuran air, vodka dan gula dalam vas bunga mawar Anda.

Baca juga: Hidupkan Ruang Tamu Anda dengan Bunga Hias Ini!

Koin

Bunga mawar merah maupun bunga yang sudah dipotong lainnya akan bertahan lebih lama jika Anda menambahkan 1 keping koin tembaga dan 1 sendok gula ke dalam air vas bunga. Tembaga dianggap bersifat acidifier yang dapat menjaga keseimbangan microflora dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Gula

Buatlah “makanan” untuk bunga Anda sendiri untuk menjaga karangan bunga terlihat segar lebih lama. Larutkan 2 sendok makan gula dan 2 sendok makan cuka putih per liter air hangat.

Ketika Anda mengisi vas, pastikan batang bunga terendam air sekitar 7-10 cm. Kandungan gula akan memberikan nutrisi pada tanaman, sementara cuka akan menghambat pertumbuhan bakteri.

Setelah mengetahui resep pengawet untuk merawat bunga mawar Anda, perhatikan cara yang tepat menempatkan bunga pada vas.

Mulailah dengan vas bersih dan kualitas air yang baik

Setangkai bunga ketika sudah di potong dari akarnya akan kehilangan filter yang menyaring kotoran dan mikro-organisme. Oleh sebab itu bunga akan rentan terhadap bakteri dan kotoran sehingga menghambat penyerapan air.

Salah satu pencegahan terbaik adalah memulai dengan air yang bersih untuk melindungi dan memelihara karangan bunga Anda. Selalu gunakan air hangat 37° – 43° C yang bersih karena bunga mawar akan menyerap air hangat lebih baik dari air dingin.

Dapatkan 20 Red Carnations In A Bouquet dengan harga Rp 395.000,- Beli di sini

Potong batang dengan benar dan buang bagian daunnya

Potong kembali sedikit bagian batang setidaknya 1 inci atau 2 cm, gunakan pisau atau gunting yang tajam untuk menghindari batang menjadi hancur jika digunting dengan gunting yang tumpul. Potonglah batang dengan kemiringan kurang lebih 45 derajat untuk penyerapan yang lebih baik.

Kemudian buang bagian daun yang berada di bawah garis air dalam vas, karena daun yang terendam air akan membusuk dan menyebabkan pertumbuhan bakteri dan jamur dalam air.

Namun jangan buang semua daun pada batang bunga mawar merah Anda, karena bunga mawar membutuhkan daun sebagai proses dari hidrasi mereka. Perhatikan untuk memotong daun dan duri mawar dengan lembut untuk mencegah kerusakan pada permukaan batang dan menyebabkan bakteri lebih mudah masuk.

Gunakan resep pengawet atau “makanan” bunga yang Anda buat

Ketika bunga mawar di potong maka bunga tersebut kehilangan makanan dan air dari sumbernya. Sehingga Anda perlu memberikan tambahan “makanan” untuk bunga mawar sebagai penggantinya.

Beberapa resep pengawet yang sudah Anda ketahui bisa Anda berikan untuk memperpanjang umur bunga mawar serta membuat bunga mawar yang masih kuncup menjadi mekar.

Baca juga: Makna Bunga Berwarna Merah Muda

Jagalah bunga mawar Anda tetap dingin

Jangan menempatkan karangan bunga mawar Anda dibawah sinar matahari secara langsung atau dibawah lampu secara intens. Tempatkan bunga mawar pada ruangan yang sejuk untuk menjaga bunga tetap segar lebih lama.

Selalu ganti air dalam vas secara berkala

Periksa kondisi dan tingkat air dalam vas setiap hari, jika air hampir habis isilah sesuai dengan kebutuhan. Jika air menjadi keruh, buang semua air dan ganti dengan air bersih yang baru serta campuran pengawet alami atau “makanan” bunga yang Anda buat.

Khusus untuk bunga mawar, lakukan proses penggantian air pada hari ke 1 lalu hari ke 3 dan hari ke 5 untuk membuat hidup bunga mawar Anda lebih panjang.

Menjaga karangan bunga mawar merah yang diberikan oleh orang terkasih pada saat istimewa memang memerlukan usaha lebih.

Ikuti cara merawat bunga mawar agar tak hanya bunga mawar saja yang tetap segar lebih lama, tapi juga kenangan dan pesan yang disampaikan melalui karangan bunga mawar Anda.

Tinggalkan komentar

Komentar akan ditinjau sebelum ditampilkan

icon-arrow-left Kembali ke Inspirations