Keranjang Belanja
Advertisement

Bunga Anggrek Tidak Mekar? Bisa Jadi Ini 8 Penyebabnya!

Bunga anggrek memang memiliki bentuk serta warna yang sangat menawan. Karena hal itu banyak orang akhirnya mencoba menanamnya. Namun tidak semudah kelihatannya, bunga anggrek sering mengalami beberapa masalah seperti tidak mekar. 

Bunga Anggrek Tidak Mekar? Bisa Jadi Ini 8 Penyebabnya!

BUNGA anggrek atau orchidaceae merupakan salah satu tanaman hias yang paling banyak diminati. Bentuk serta warnanya yang menawan menjadikan buket bunga anggrek salah satu primadona bagi pecinta tanaman hias di Indonesia.

Namun, tahukah Anda, jika harga buket bunga anggrek cukup mahal disbanding dengan bunga lainnya? Yap! hal itu disebabkan karena bunga anggreklumayan agak sulit untuk di tanam.

Tak hanya itu, jika Anda adalah pecinta bunga anggrek dan pernah mencoba menanamnya pasti akan tahu betapa lamanya untuk bisa melihat bunga kesayangan Anda berbunga.

Atau mungkin saja, bunga anggrek yang Anda tunggu akan mati, kalaupun tidak, biasanya bunga anggrek tidak berbunga kembali seperti saat dibeli di toko bunga.

Sama seperti halnya dengan merawat anak, membuatnya berbunga sesering mungkin adalah pekerjaan yang sangat sulit, membutuhkan ketelatenan dan kesabaran.

Nah, kali ini Anda tak perlu ragu untuk membeli tanaman hias anggrek sebagai bunga meja atau buket bunga untuk menghias ruangan di rumah. Anda bisa mencari tahu cara merawat bunga anggrek di buku maupun internet.

Tapi sebelum itu, sebaiknya Anda mengetahui penyebab bunga anggrek Anda tidak berbunga. Outerbloom.com telah merangkum 8 penyebab bunga anggrek sulit berbunga untuk Anda, ladies. Cek informasinya disini !

1. Kurang Sinar Matahari

Salah satu cara merawat bunga anggrek adalah meletakkannya di tempat yang bisa terkena sinar matahari selama 12 jam. Untuk itu Anda memang harus benar-benar diletakkan anggrek di tempat yang terbuka dan diberi paranet dengan kerapatan yang sesuai.

Jika Anda meletakan anggrek di tempat yang jarang terkena sinar matahari, maka bisa dipastikan anggrek akan kurang mekar. Tapi jangan khawatir, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan penyinaran buatan menggunakan lampu TL untuk mengatasi kekurangan penyinaran.

2. Terlalu banyak terkena sinar matahari

Kekurangan sinar matahari memang bisa membuat anggrek kurang mekar sempurna. Tapi kelebihan sinar matahari juga bisa membuat anggrek kurang mekar dan daunnya berwarna kekuningan.

Tidak hanya itu, anggrek juga bisa kering. Jangan dibiarkan, sebab anggrek yang mendapatkan terlalu banyak sinar matahari jadi kurang subur sehingga sulit berbunga. Maka dari itu, jika Anda ingin membuat bunga meja dari tanaman anggrek sendiri, pastikan penyinarannya benar ya.

2 Stems of White Phalaenopsis Orchid In Vase, Rp 645.000,- ; Beli di sini

3. Kekurangan Air

Bagi Anda pecinta tanaman anggrek hias, perlu diketahui tanaman anggrek juga sangat membutuhkan air seperti manusia. Karena itu siramlah tanaman anggrek Anda sebanyak dua kali dalam sehari jika cuaca panas.

Adapaun waktu yang baik untuk melakukan penyiraman yakni sekitar pukul 07.00 – 09.00 dan pada sore hari 15.00-17.00. Agar tanaman tidak kering, Anda dapat mengakalinya dengan meletakan anggrek di tempat teduh dan menggunakan media tanam yang menyerap banyak air.

4. Terlalu banyak Air

Terlalu banyak air atau overwatering ini sering terjadi. Disadari ataupun tidak, hal ini sering terjadi ketika musim hujan. Memang tanaman anggrek ini membutuhkan kelembapan, namun bukan berarti butuh air yang berlebihan.

Kebutuhan air pada tanaman anggrek harus terkontrol karena overwatering beresiko sangat merugikan, seperti membusuknya tunas-tunas akar, adanya pertumbuhan jamur dan bakteri yang bisa membuat kuncup-kuncup bunga rontok, dan banyaknya lumut yang merusak media tanam.

Hal ini perlu diperhatikan karna sangat disayangkan bila tanaman anggrek yang lama sudh ditunggu bunganya akan mati hanya karena kelebihan kadar air.

Blush Roses, Lilies, and Orchid, Rp 495.000,- ; Beli di sini

5. Perubahan Suhu/Iklim

Faktor selanjutnya yang dapat membuat anggrek kurang mekar adalah perubahan suhu. atau iklam. Perubahan secara drastis yang mendadak dapat menyebabkan perubahan fisiologis secara mendadak seperti menurunnya aktivtas enzimitas dalam tubuh tanaman anggrek.

Bukan hal sepele, turunnya aktifitas enzimitas ini dapat menimbulkan efek “stres” pada tanaman anggrek Anda, sehingga berbagai gejala seperti tunas-tunas calon bunga akan rontok.

Hal ini juga yang menyebabkan tanaman anggrek Anda akan sulit berbunga jika terus menerus mengalami perubahan suhu yang drastis.

6. Memberikan Pupuk

Pemberian pupuk yang salah merupakan faktor penyebab mengapa anggrek Anda tidak berunga. Berilah pupuk yang tinggi unsur hara. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memberikan pupuk, yakni lewat penyemprotan. Pemberian ZPT atau hormon yang dicampurkan dengan air kelapa dalam penyemprotan bisa memicu anggrek Anda untuk berbunga lebih cepat.

Baca juga: 5 Jenis Bunga Tepat untuk Nyatakan Maaf

7. Wadah yang terlalu kecil

Jika wadah tanaman anggrek Anda sudah padat dengan tunas baru atau wadah sudah tidak cukup menampung akar yang sudah semakin membesar dan kompleks. Sebaiknya Anda mengganti wadah tersebut dengan yang lebih besar dengan sesegera mungkin.

Anda bisa menggunakan wadah/pot yang terbuat dari tanah liat disbanding wadah plastik, karena wadah tanah liat memiliki lubang drainase yang baik dari bagian sisi dan bawahnya.

8. Media Tanam

Alangkah baiknya jika Anda mencari tahu media tanam yang tepat untuk tanaman anggrek Anda. Tapi biasanya, media tanam yang digunakan adalah perpaduan antara potogan batu bata atau genteng dan tanaman pakis.

Perbandingan yang bisa Anda gunakan adalah 1/3 bagian bawah adalah potongan bata. Sementara itu, 2/3 lainnya diisi dengan tanaman pakis.  

Tinggalkan komentar

Komentar akan ditinjau sebelum ditampilkan

icon-arrow-left Kembali ke Inspirations