Advertisement
Advertisement

Abadikan Buket Bunga Pernikahan dengan 7 Cara Ini

Mengabadikan buket bunga pernikahan adalah hal wajar karena Anda mungkin saja ingin mengingat selamanya acara pernikahan. Oleh karena itu, setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk mengabadikan dan menyimpan buket bunganya.

Abadikan Buket Bunga Pernikahan dengan 7 Cara Ini!

Salah satu komponen terpenting dari sebuah pernikahan adalah buket bunga. Bunga pernikahan seolah-olah menggambarkan kebahagiaan pengantin khususnya pengantin wanita.

Tidak ada pengantin perempuan yang dapat menolak bunga pernikahan, bahkan ada beberapa pengantin yang menyimpan bunga pernikahannya setelah acara selesai. Jika Anda tertarik melakukannya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempertahankan buket bunga pernikahan.

Berikut kami telah merangkum 7 cara mengawetkan buket bunga pernikahan khusus untuk Anda. 

1. Tempelkan Bunga Pada Buku

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengawetkan buket bunga oernikahan adalah menempelkannya pada buku.

Caranya sangat mudah, Anda dapat memilih bunga yang disukai, lalu letakkan dan tekan menggunakan lem perekat pada kertas atau buku tebal. Biarkan bunga menempel sempurna selama beberapa jam sampai tidak lepas lagi.

Agar terlihat lebih rapi dan elegan, Anda dapat memilih buku dengan kertas berwarna cokelat dan tempelkan beberapa foto dekat bunga. 

Selain sedap dipandang, buku tersebut dapat menjadi kenang-kenangan tersendiri bagi Anda dalam mengingat memori indah penikahan. 

Baca juga: 7 Bunga dengan Aroma Terbaik

2. Gantung Buket Bunga

Cara kedua adalah meletakkan buket bunga pada tempat favorit, misalnya digantung di lemari atau disimpan di tempat favorit lainnya. Anda cukup membersihkan bunga dari kotoran yang mungkin menempel, dan pastikan bunga masih terikat dengan baik. 

Selanjutnya, ikat buket dengan tali dan gantung pada tempat yang terkena sinar matahari. Tujuannya, agar bunga dapat mengering dengan sempurna dan tidak busuk karena berair. Selain mudah, cara ini membuat Anda tidak perlu membongkar buket bunga pernikahan. 

3. Silica Gel

Jika Anda enggan menggantung buket bunga, cara ketiga dengan silica gel ini mungkin bisa jadi plihan. Silica gel adalah cara mengeringkan bunga secara aman karena silica gel dapat menyerap air dan membuat bunga kering dalam 1 – 7  hari. Anda dapat mendapatkan silica gel di toko-toko bunga terdekat.

Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah memotong bunga atau langsung meletakkan bunga pada silica gel yang telah dimasukkan ke dalam sebuah wadah. Selanjutnya, Anda harus menimbun bunga dengan silica gel yang lain dan pastikan semua bagian bunga terkubur dengan silica gel. Tutup rapat wadah dan biarkan bunga mengering.

Dapatkan 24K Gold Enchanted Rose dengan harga Rp 985.000,- Beli di sini

4. Awetkan dengan Resin

Cara keempat adalah menggunakan epoksi resin. Anda dapat menggunakan epoxy resin dan membentuk sesuai keinginan anda. anda dapat membeli cetakannya di toko kerajinan terdekat, lalu isi setengah cetakan menggunakan epoksi resin dan atur posisi unga dengan hati-hati. Selanjutnya, anda harus menunggunya sampai kering, lalu leppaskan cetakannya. Anda telah membuat sebuah hiasan cantik yang akan membuat bunga pernikahan anda dapat dikenang selamanya.

Baca juga: Buat Pernikahan Semakin Indah dengan 5 Jenis Bunga Ini

5. Cetak Menjadi Lilin

Cara kelima yang bisa Anda lakukan adalah membentuk bunga menjadi bunga lilin. Mengawetkan buket bunga menjadi lilin dapat membuatnya bertahan lebih lama.

Untuk membuatnya, pertama Anda harus melelehkan lilin terlebih dahulu dalam air mendidih sampai cairannya rata dan halus. Selanjutnya, celupkan bunga pada larutan lilin yang masih hangat. Kemudian tempelkan perlahan dan hati-hati pada gelas cetakan, dan masukan cairan lilin perlahan sampai memenuhi cetakan. Keringkan gelas berisi bunga dan lilin sampai mengeras.

Dengan cara ini, buket bunga pernikahan Anda akan tetap indah dalam bentuk yang lain. Warna dari bunga yang Anda masukan dalam lilin juga tidak akan pudar. Jika Anda sayang untuk membakar lilin tersebut, cukup pajang di lemari atau meja rias. 

Dapatkan Acrylic Fiery Red dengan harga Rp 795.000,- Beli di sini

6. Abadikan Dalam Lukisan

Cara keenam ini mungkin lebih mudah dibandingkan cara lainnya karena Anda hanya perlu mengabadikan buket bunga ke dalam lukisan. Anda dapat melukisnya sendiri atau meminta jasa seniman lukis untuk membuat lukisannya. Setelah itu, Anda dapat menempelkan lukisan bunga tersebut di ruang tamu atau kamar tidur sebagai kenang-kenangan.

7. Selipkan Bunga Kering Di Buku Favorit Anda

Bagi Anda yang senang membaca buku, cara mengawetkan buket bunga ini pasti Anda suka. Berbeda dengan cara pertama, Anda hanya perlu mengambil beberapa tangkai bunga dengan kelopak yang masih bagus kemudian sisipkan langsung pada halaman buku yang sedang Anda baca.

Atau, agar tidak langsung menyentuh buku, Anda bisa mengeringkan bunga terlebih dahulu untuk kemudian tempel pada kertas karton yang dibentuk memanjang lalu laminating sampai rapi. 

Dengan demikian, Anda akan mengingat momen indah oernikahan setiap kali membaca buku yang menggunakan pembatas buku tersebut. 


Disamping ketujuh cara di atas, Anda masih bisa mengeksplor buket bunga pernikahan menjadi bentuk lain sesuai kreativitas Anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar

Komentar akan ditinjau sebelum ditampilkan

icon-arrow-left Kembali ke Inspirations
Keranjang Belanja