Keranjang Belanja
Advertisement

7 Bunga dengan Aroma Terbaik

Bunga memang dikenal memiliki paras yang cantik dan membuat siapapun senang melihatnya. Tapi selain kecantikannya, beberapa bunga juga memiliki aroma yang harum dan menenangkan. 

7 Bunga dengan Aroma Terbaik

BUKAN lagi rahasia jika bunga memiliki beragam manfaat selain sebagai karangan bunga dan tanaman hias. 

Dengan ratusan jenis bunga yang ada, beberapa di antaranya memiliki aroma wangi yang dapat dijadikan sebagai minyak aromaterapi atau bahan baku pembuat parfum. 

Aroma- aroma bunga tersebut juga menjadi favorit di samping aroma buah. Untuk pemanfaatannya dalam produk, aroma bunga digunakan sebagai produk kecantikan dan perawatan seperti masker, spa, hingga hiasan pada ruangan.

Penasaran, kira-kira jenis bunga apa saja yang memiliki wangi sedap? Berikut ulasannya. 

  • 1. Mawar

  • Bunga mawar dibagi menjadi tiga kelas. Spesies bunga mawar menampilkan bunga yang sederhana dan memiliki beragam warna yang cantik. Mawar kuno menawarkan kecantikan yang indah dan aromanya yang menyegarkan, biasanya berwarna putih atau pastel.

    Sedangkan mawar modern dihargai karena warna dan bentuknya yang mewah dengan aroma lembut yang bervariasi antar spesies. Bunga mawar yang berhasil tumbuh, membutuhkan banyak sinar matahari, pemangkasan, dan pemupukan yang rutin.

    Namun, kecantikan, kompleksitas, dan keharumannya yang memabukkan sangat bermanfaat. Bunga mawar salah satu bunga yang paling sering digunakan sebagai parfum. Anehnya apabila buket bunga mawar dicampur dengan bunga lainnya, bunga mawar tak pernah kehilangan aromanya.

  • 2. Melati

  • Melati putih dan kuning (jasminium polyanthum) memiliki kekayaan wewangian yang telah membuatnya menjadi bunga yang sangat populer di seluruh dunia. Bunga harum ini berasal dari daerah yang beriklim tropis dan hangat.

    Minyak esensialnya digunakan pada berbagai parfum dan sebagai aroma terapi untuk efek relaksasi maupun afrodisiak. Bunga melati begitu erat hubungannya dengan keluarga zaitun, terdapat lebih dari 200 varietas melati yang berbeda.

    Tanaman merambat ini bisa tumbuh setinggi 3-6 meter atau 30-60 cm setiap tahunnya. Bunga melati sangat berharga karena daunnya yang hijau dan bunga-bunganya yang beraroma lembut dan manis.

    Karangan bunga melati juga sering dipakai oleh acara pernikahan yang menjadikan bunga melati sebagai parfum alami.

    Dapatkan 2 Dozen of Red and Pin Rose In A Glass Vase dengan harga Rp 495.000,- Beli di sini

  • 3. Ylang-Ylang (Kenanga)

  • Bunga harum selanjutnya adalah bunga Ylang-Ylang adalah salah satu aroma bunga yang paling lembut dan menambahkan rasa manis pada parfum.

    Bunga dengan warna hijau kekuningan ini bersama bunga melati adalah bunga kesayangan keluarga keraton di Kerajaan Pulau Jawa. Biasanya bunga dengan aroma lembut ini digunakan untuk perawatan tubuh.  

  • 4. Four o’clock (Ashar)

  • Bunga four o’clock biasa disebut di Indonesia dengan sebutan bunga Ashar. Bunga yang indah ini menawarkan penampilannya yang spesial. Mekar dengan bentuk yang hampir mirip dengan terompet dari semak-semak yang terbuka pada siang hari hingga malam hari.

    Tukang kebun menyarankan untuk menanamnya di dekat teras, di mana Anda bisa menikmati keharumannya yang kuat di malam hari. Bunga harum jenis ini memiliki warna fuschia yang tebal, kuning, atau putih yang membuat warna dramatis pada kebun Anda.

    Baca juga: 4 Alasan Mengapa Harus Ada Bunga Segar di Rumah Anda

  • 5. Gardenia

  • Bunga nasional Pakistan ini adalah tanaman populer yang memiliki aroma manis yang kuat hingga membuat kebun Anda dipenuhi dengan aroma bunga ini.

    Bunga gardenia juga dikatakan hampir mirip dengan bunga mawar, namun yang membedakan adalah batang dari bunga gardenia tidak memiliki duri seperti bunga mawar.

    Bunga gardenia juga bisa Anda jadikan buket bunga untuk orang terdekat Anda sebagai hadiah terindah.

    Dapatkan Arrangement of White Roses and Pink Carnation In Glass Vase dengan harga Rp 645.000,- Beli di sini

  • 6. Bunga Lily Valley

  • Bunga yang bentuknya kecil dan tumbuh mengangguk di atas batang yang tipis ini dikelilingi oleh daun hijau mengkilap yang tingginya sekitar 15cm.

    Bunga Lily Valley ini sering dijumpai pada karangan bunga pernikahan karena melambangkan kemurnian cinta. Aromanya yang menyegarkan membuatnya untuk diproduksi berbagai parfum.

     7. Wisteria

    Bunga yang menyerupai buah anggur ini memiliki beberapa varietas yang dapat tumbuh hingga 100cm. Ketika kelopak bunga yang berwarna ungu dan putih dari wisteria menjuntai ke bawah, bunga ini memberikan sensasi ketenangan.

    Bunga ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk Anda tanam di tanan rumah Anda sebagai tempat berteduh dan nikmati keindahan serta aromanya.

    Tinggalkan komentar

    Komentar akan ditinjau sebelum ditampilkan

    icon-arrow-left Kembali ke Inspirations