Advertisement
Advertisement

6 Manfaat Bunga Bagi Kesehatan Mental

Tidak dapat dipungkiri bawa bunga memiliki keindahan dan sering dijadikan bentuk ungkapan berbagai simbol perasaan manusia. Tak hanya sebagai hiasan rumah, kerapkali kita menemukan bunga sebagai dekorasi di acara-acara besar, seperti pernikahan sebagai simbol dari kebahagiaan bagi pasangan pengantin tersebut. Ketika berada di upacara pemakaman, bunga juga sering kita temukan sebagai tanda dukacita dari kerabat dekat orang yang meninggal. Saat menjenguk orang yang sedang sakit, buket bunga juga menjadi pilihan sebagai buah tangan yang diberikan, begitu juga ketika menghadiri upacara kelulusan sahabat kita, bunga juga menjadi hadiah istimewa.

6 Manfaat Bunga Bagi Kesehatan Mental

SELAIN memiliki fungsi sebagai keindahan dan juga sebagai simbol pesan intrinsik, bunga ternyata secara ilmiah memiliki manfaat positif bagi kesehatan mental. Dalam realita yang ditemui, manfaat bunga untuk kesehatan mental manusia bisa jadi penawar stres. Berikut ini adalah 6 manfaat bunga untuk kesehatan mental:

  • Bunga memberikan kebahagiaan yang cukup dalam bagi sang penerimanya

  • Ketika menyatakan perasaan maupun membuat kejutan bagi orang-orang tersayang dengan memberikan buket bunga yang indah, perhatikan ekspresi wajah mereka.

    Anda akan melihat ekspresi kebahagiaan. Tidak sulit mengingat emosi yang kita alami maupun orang yang menerima rangkaian bunga saat diberi bunga. Kegembiraan, rasa syukur, atau terkejut akan muncul dalam raut wajah mereka.

    Sebuah studi melaporkan bahwa 80% orang yang menerima bunga memiliki perubahan positif pada mood yang berlangsung selama berhari-hari. Hal yang menyenangkan bukan, bila kita bisa memberikan kebahagiaan dalam jangka waktu yang cukup lama kepada seseorang hanya dengan menghadiahkan rangkaian bunga yang indah?

  • Kebahagiaan penerima bunga juga akan dirasakan oleh si pemberinya

  • Selain membuat senang si penerimanya, ternyata kebahagiaan juga akan dirasakan oleh si pemberi bunga. Selain itu, memberi bunga akan membantu membangun persepsi positif bagi seseorang.

    Orang yang memberikan hadiah berupa bunga akan dianggap sebagai pribadi yang cerdas, peduli, dan sukses dibandingkan jika memberikan hadiah lainnya. Terlebih lagi, bunga dipandang sebagai hadiah emosional yang bijaksana serta menunjukkan kebaikan dan rasa simpati terhadap perasaan orang lain.

    Baca juga: 4 Alasan Mengapa Harus Ada Bunga Segar di Rumah Anda

  • Berada di sekitar bunga membantu teraihnya kebahagiaan abadi

  • Pernahkah Anda melihat bunga sebagai hiasan rumah sakit, pekarangan rumah, atau di lobby apartemen? Bunga yang sengaja diletakkan maupun ditanam di sekitar tempat tinggal memiliki fungsi untuk mengurangi ketegangan maupun menghilangkan stress bagi penikmatnya.

    Dalam sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa tempat terbaik untuk menaruh bunga adalah di dapur, kamar mandi, atau area mobilitas tinggi lainnya di mana kebanyakan orang dapat menikmatinya.

    Selain itu, meletakan bunga di kamar tidur juga dikatakan dapat memberikan kebahagiaan jangka panjang karena Anda bisa melihatnya saat pertama kali membuka mata di pagi hari yang bisa mempengaruhi mood seharian menjadi baik.

  • Bunga yang diletakkan di sekitar ruang kerja membuat ide mengalir deras

  • Kedengarannya memang cukup unik, namun kenyataannya bahwa bekerja di sekitar area yang terdapat bunga maupun tanaman bisa membuat Anda lebih produktif. Faktanya, pria mampu menghasilkan 30% lebih banyak ide di kantor ketika melihat bunga dibandingkan dengan kantor yang tidak ditanami bunga maupun tumbuhan di sekitarnya. Dengan melihat bunga maupun tanaman, tingkat stres Anda akan berkurang serta merasa lebih nyaman dan rileks.

  • Dapatkan 3 Sunflowers Hand Bouquet dengan harga Rp 345.000,- Beli di sini
  • Bunga mempermudah konektivitas antar manusia

  • Pernakah Anda mendengar situasi terjadinya kecanggungan ketika dua orang melakukan kencan pertama dan merasa bingung untuk memulai topik pembicaraan dan pada akhirnya membahas tentang bunga yang Ada di meja restoran tempat mereka berkencan? Itulah salah satu fakta mengapa bunga dikatakan sebagai penyambung konektivitas hubungan antar manusia.

  • Bunga memiliki dampak positif bagi orang sakit

  • Memberikan buket bunga ketika menjenguk sahabat maupun kerabat yang sedang sakit sudah menjadi tren saat ini. Bunga dapat memberikan kepulihan bagi orang yang sedang sakit dan memberikan energi positif bagi mereka agar semakin bersemangat untuk sembuh. Bunga juga dapat menjadi perantara doa 'get well soon' bagi orang yang Anda jenguk. 

    Uniknya, ditemukan hasil penelitian bahwa pasien yang sudah cukup lama dirawat inap dan mulai merawat tanamannya justru malah lambat untuk sembuh dikarenakan kebiasaannya itu menimbulkan rasa nyaman di rumah sakit. Namun, penelitian lainnya menunjukan bahwa pemberian bunga kepada orang sakit akan membantu pemulihan dan perasaan jauh lebih baik, serta semangat tinggi untuk sembuh.

    Baca juga: Hidupkan Ruang Tamu Anda dengan Bunga Hias Ini!

    Tinggalkan komentar

    Komentar akan ditinjau sebelum ditampilkan

    icon-arrow-left Kembali ke Inspirations
    Keranjang Belanja