Advertisement
Advertisement

15 Fakta Tentang Bunga Mawar

Bunga mawar merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sangat populer dan memiliki beragam warna. Selain bentuk yang indah dan wanginya yang menyegarkan, membuat bunga mawar dapat menambah asri halaman rumah Anda.  

15 Fakta Tentang Bunga Mawar


RANGKAIAN bunga mawar dapat dijadikan buket bunga sebagai hadiah untuk orang terkasih. Selain itu buket bunga mawar juga dapat dijadikan karangan bunga untuk mengucapkan duka cita ataupun “selamat” atas kesuksesan pembukaan toko usaha dan sebagainya.

Rangkaian bunga mawar selalu ada di jejeran rak florist dan tak pernah absen, terlebih jenis mawar merah. Keindahan bunga mawar tak lekang oleh waktu, baik hanya setangkai ataupun jika digabungkan menjadi sebuah karangan bunga tetap akan terlihat indah dipandang.

Tak hanya keindahan dan wanginya saja yang dapat dinikmati, ternyata bunga cantik satu ini menyimpang banyak kejuatan.

Seperti, apa Anda sudah tahu bahwa mawar bisa dimakan? Atau bunga mawar mengandung vitamin C ?

Penasaran apa saja fakta-fakta mengenai bunga mawar yang belum Anda ketahui? Cari tahu lebih lanjut dengan 15 fakta tentang bunga mawar disini.

1. Pada tahun 1986 Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan meresmikan bunga mawar sebagai bunga nasional negaranya. Jangan heran jika di Amerika Serikat sekitar 400 hektar tanaman mawar dipanen setiap tahunnya.

2. Bunga mawar memiliki lebih dari 100 spesies yang dibudidayakan di seluruh dunia. Sebuah fosil tertua dari bunga mawar ditemukan di Florissant, Colorado dengan usia sekitar 35 juta tahun. Apakah perlu disebut sebagai mawar antik?

3. Selama abad ke-15, bunga mawar dijadikan simbol bagi kedua faksi, Yorkshire dan Lancaster, untuk menguasai Inggris, yang kemudian peristiwa ini diberi nama “War of the Roses”. Mawar putih melambangkan Yorkshire dan mawar merah digunakan oleh Lancaster sebagai lambangnya.

Baca juga: 7 Bunga dengan Aroma Terbaik

4. Saat abad pertengahan, kelopak dan minyak dari bunga mawar dijadikan tambahan untuk mandi bagi orang-orang kaya dan terkenal.

5. Bunga mawar dapat bertahan untuk yang waktu sangat lama. Seperti pada dinding Katedral Hildesheim di Jerman yang bisa bertahan hidup hingga 1000 tahun lamanya.

6.Pad a zaman Romawi dulu, mawar digunakan sebagai dekorasi dan terkadang dipakai sebagai kalung. Hal itu juga diyakini di kalangan orang Romawi bahwa apapun yang dikatakan “under the rose” dianggap rahasia atau kesucian.

7. Menurut mitologi Yunani, duri yang berada di tangkai bunga mawar disebabkan oleh anak panah yang dilesatkan Cupid meleset dan mengenai bunga mawar.

Dapatkan 20 Mix Roses Vibrance Orlando Spring Bloom dengan harga Rp 745.000,- Beli di sini

8. Tanaman bunga mawar ini adalah salah satu jenis tanaman yang termasuk kedalam keluarga dekat dengan buah-buahan. Hal yang menarik adalah bunga mawar ternyata mengandung vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan buah-buahan, seperti buah pir, apel, ceri dan almond.

9. Selain mengandung vitamin C, bunga mawar juga dapat dijadikan obat herbal dan alternatif untuk penyembuhan berbagai macam penyakit. Tak ketinggalan, bunga mawar juga sangat baik untuk bahan dari pembuatan produk kecantikan wajah Anda.

10. Rangkaian bunga mawar juga bisa digunakan sebagai bahan untuk pembuatan parfum. Aroma mawar yang harum berasal dari kelopaknya. Terkadang kelopak mawar juga dikeringkan dan dikemas untuk diperjual-belikan sebagai aroma ataupun hiasan.

11. Bunga mawar memang terkenal dengan berbagai macam warna, namun tidak ada mawar yang berwarna hitam. Warna mawar hitam sebenarnya adalah merah yang sangat tua.

Baca juga: Buat Rumah terasa Lebih Segar dengan Bunga Gerbera

12. Ukuran kuncup bunga mawar terkecil adalah sebesar butiran beras.

13. Bunga mawar merah dan putih sudah identik dengan hari valentine. Penjualan bunga mawar akan meningkat sekitar 50% ketika mendekati hari valentine.

14. Ada bunga mawar hasil perkembangbiakan yang mempunyai warna bermacam-macam dan dinamai “Happy Rose”. Mawar jenis ini disebut-sebut sebagai mawar termahal di dunia, setangkainya saja harganya 25 Pound, atau sekitar 416.000 Rupiah.

15. Kuntuman mawar dengan daun dan tangkai batangnya yang berduri melambangkan kegagahan yang menyatu dengan keindahan dan keharumannya yang menyegarkan.

Bisa dilihat, ternyata bunga mawar menyimpan banyak cerita di balik keindahannya. Tak lekang oleh waktu, bunga mawar selalu menjadi favorit orang-orang sampai sekarang. Mengejutkan bukan?

Tinggalkan komentar

Komentar akan ditinjau sebelum ditampilkan

icon-arrow-left Kembali ke Inspirations
Keranjang Belanja