Keranjang Belanja
Advertisement

10 Jenis Bunga yang Bisa Dijadikan Minuman

Selama ini Anda mungkin menganggap jika bunga hanya dapat dipakai sebagai buket bunga dan hadiah untuk orang yang disayangi. Tapi, tahukah Anda jika bunga seperti bunga mawar juga dapat dimanfaatkan sebagai minuman seperti teh dan kopi?

10 Jenis Bunga yang Bisa Dijadikan Minuman

SEJATINYA bunga merupakan tanaman yang biasa digunakan sebagai penghias rumah atau buket bunga untuk kado orang terkasih. Namun sadar atau tidak, bunga ternyata juga memiliki banyak manfaat salah satunya dengan menjadikannya minuman. 

Bahkan beberapa sumber pernah menyebutkan jika tradisi minum atau membuat teh dari tumbuhan sudah ada sejak tahun 3000 SM di China. Saat itu masyarakat sering mencampurkan teh dengan tumbuhan lain seperti jeruk dan kucai.

Seiring berkembangnya zaman, akhirnya semakin banyak jenis bunga yang dapat dijadikan bahan pembuat minuman. Apa saja? Simak ulasan lengkapnya berikut ini: 

 

1. Bunga Melati

Bunga pertama yang umum dijadikan minuman adalah bunga melati. Bunga kecil berwarna putih ini biasanya banyak dimanfaatkan sebagai teh. Meskipun kecil, bunga ini banyak dijadikan minuman karena memiliki aroma khas. Dengan mengonsumsi teh melati dipercaya tubuh Anda akan terasa lebih rileks dan segar.

Bahkan, seiring berkembangnya teknologi, teh melati kini tidak hanya tersedia dalam bentuk teh tubruk. Kini Anda bisa menikmati kesegaran teh melati dalam teh kemasan kertas atau botol siap minum. 

2. Bunga Rosella

rosella teaBunga Rosella mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda karena bunga ini mulai banyak dikembangbiakkan oleh masyarakat.Sama seperti melati, rosella banyak dijadikan bahan pembuat teh karena dipercaya memiliki kandungan Vitamin C enam kali lebih banyak dari jeruk dan mampu mencegah serta menyembuhkan penyakit darah tinggi.

Namun berbeda dari melati, teh jenis ini memiliki warna merah yang khas karena bunga rosella sendiri memiliki warna merah yang pekat. Untuk membuatnya Anda bisa mengeringkan bunga rosella kemudian direbus dan diseduh dengan air.

3. Bunga Telang

bunga telangBunga Telang mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang karena bunga ini berasal dari negara-negara Asia yang beriklim tropis.

Bunga yang mempunyai warna biru terang ini sering digunakan sebagai bahan pembuat makanan atau minuman di negara Malaysia dan Thailand.

Bagi masyarakat Malaysia, bunga ini dijadikan pewarna alami ketan sedangkan masyarakat Thailand sering menyeduh bunga telang sebagai minuman. Sama seperti bunga rosella, bunga telang akan membuat teh yang dihasilkan berwarna biru terang.

4. Bunga Butang

Bunga Butang berwarna ungu yang dapat menghasilkan teh yang berwarna biru keunguan. Teh Butang mempunyai citarasa sedikit pahit namun juga sedikit manis. Teh dari bunga ini dipercaya mempunyai manfaat menghilangkan batuk, mengurangi asma, dan melancarkan buang air kecil.

Baca juga: Tingkatkan Mood dengan 5 Jenis Bunga Ini

5. Bunga Kekwa/ Krisan

Bunga Kekwa atau juga dikenal dengan nama Chrysanthemum atau bunga krisan sering dipakai sebagai obat tradisional masyarakat China pada masa Dinasti Song tahun 960 – 1278 M.

Teh Bunga Kekwa dapat dikonsumsi dalam suhu panas atau dingin. Teh ini dipercaya dapat membantu mencerahkan wajah Anda dan menghilangkan bekas jerawat.

6. Bunga Mawar

Tidak hanya cantik dijadikan buket bunga, mawar ternyata juga bermanfaat untuk dijadikan minuman lho. Sama seperti bunga lainnya, mawar juga dapat dijadikan teh untuk diminum.

Teh bunga mawar dipercaya dapat melindungi usus, menghilangkan radikal bebas dalam tubuh Anda, dan membantu menurunkan risiko terserang infeksi ginjal.

Passionate Red Rose Kises, Rp 945.000,- ; Beli di sini

7. Chamomile

Jenis bunga selanjutnya yang bisa dijadikan bahan minuman adalah Chamomile. Bunga Chamomile  memang mirip dengan bunga Krisan, namun bentuk bunga ini lebih kecil dan kelopaknya tidak sebanyak krisan.

Sering dijadikan bahan pembuat teh, chamomile dipercaya dapat membantu Anda lebih rileks, mengurangi rasa cemas akibat depresi, membantu mengurangi insomnia, dan meningkatkan semangat. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi teh bunga chamomile jika Anda merasa depresi dan stres.

8. Bunga Lavender

Bunga lavender yang dipercaya dapat mengusir nyamuk juga dapat disajikan dalam bentuk minuman. Faktanya, masih sedikit orang yang sering mengonsumsi teh lavender padahal teh ini dipercaya dapat membantu anda mengurangi rasa cemas, stres, dan depresi.

Baca juga: Sulit Tidur? Letakan 5 Jenis Tanaman Ini di Kamar Anda

9. Bunga Sepatu

Teh bunga sepatu dipercaya dapat membantu mengobati sariawan, keputihan, batuk berdahak, dan gondok. Anda dapat menemukan dengan mudah teh Bunga sepatu karena bunga ini sendiri banyak dikembangbiakkan oleh masyarakat Indonesia.

10. Bunga Dandelion

Bunga dandelion sering disajikan dalam bentuk kopi dan teh. Kopi dandelion berasal dari ekstrak akar bunga dandelion, sedangkan teh Dandelion berasal dari ekstrak akar dan batang bunga dandelion. Bunga dandelion dipercaya dapat membantu mengurangi jerawat dan memperlancar pencernaan.

Tinggalkan komentar

Komentar akan ditinjau sebelum ditampilkan

icon-arrow-left Kembali ke Inspirations