Keranjang Belanja
Advertisement

Manfaatkan Sisa Bunga Pernikahan dengan 7 Cara Ini

Dekorasi pernikahan, papan bunga, hingga buket bunga pernikahan menggunakan jumlah dan jenis bunga yang fantastis. Sayangnya, setelah hari pernikahan berlalu, bunga-bunga ini kerap dibiarkan layu begitu saja. Padahal, ada banyak cara memanfaatkan bunga bekas di hari pernikahan, lho. 

Manfaatkan Sisa Bunga Pernikahan dengan 7 Cara Ini

BUNGA adalah bahan dekorasi pernikahan yang tampaknya mutlak ada. Tak heran bila di hari bahagia ini, pengantin memesan beragam bunga kesukaan untuk menghias pelaminan dan dirangkai sebagai buket bunga pernikahan.

Bisakah Anda bayangkan berapa bunga yang dihabiskan dalam satu hari itu? Belum lagi ditambah bunga-bunga dari papan bunga hadiah para rekan dan kenalan. Sehari setelahnya atau bahkan di sore harinya, akan ada banyak bunga yang berserakan dibiarkan layu dan terinjak-injak. Sungguh sayang, bukan? Di tengah gencarnya kampanye cinta lingkungan, jumlah bunga yang tak sedikit ini justru disia-siakan.

Nah, supaya lebih bermanfaat, ada baiknya bunga-bunga dari papan bunga, dekorasi pernikahan, dan buket bunga pernikahan dimanfaatkan lagi menjadi hal-hal berikut ini.

1. Berikan kepada Tamu

Bila Anda menyelenggarakan pesta kecil, bukan tak mungkin bunga-bunga yang sebelumnya digunakan sebagai dekorasi didaur ulang sebagai suvenir. Rekrutlah toko bunga yang dapat membantu Anda merangkai bunga dalam waktu singkat. Jangan lupa berikan wadah bunga plus air supaya rangkaian bunga tetap segar saat dibawa pulang.

10 Pink Lilies In Bouquet, Rp 695.000,- ; Beli di sini

2. Lempar Buket

Ya, cara memanfaatkan bunga bekas dengan jitu apalagi kalau bukan dengan melempar buket bunga pernikahan pada tamu undangan? Buket bunga yang digenggam pengantin adalah yang paling ditunggu oleh para wanita lajang karena dianggap sebagai pertanda keberuntungan.

Nah, alih-alih melempar satu buket, lemparlah beberapa lagi yang merupakan hasil daur ulang bunga dekorasi. Atau, rangkai saja bunga-bunga itu ke dalam ukuran personal untuk dibagikan kepada teman wanita Anda yang gagal mendapatkan buket bunga. Ini pasti akan jadi penghiburan tersendiri.

3. Berikan kepada Komunitas

Di Indonesia, sudah ada komunitas yang me-repack sisa katering di hari pernikahan. Nah, bila lebih giat dicari, mungkin ada pula komunitas-komunitas yang mendaur ulang sisa bunga di hari pernikahan seperti Repeat Roses di Amerika Serikat.

Pihak penyumbang hanya perlu mengontak kelompok sosial tersebut dan mereka akan mengangkut bunga Anda untuk kemudian disalurkan kembali ke panti-panti sosial. Menyayangi alam sekaligus beramal? Hm, cara memanfaatkan bunga bekas yang indah, bukan?

Baca juga: 7 Panduan tepat Memilih Buket Bunga Pernikahan

4. Manfaatkan untuk Dekorasi Meja

Jika Anda menggunakan konsep fine dining untuk acara makan malam, bunga yang sebelumya digunakan di dekorasi atau papan bunga dapat dimanfaatkan sebagai center piece atau bunga meja. Ambil beberapa jenis bunga, rangkai, lalu letakkan di tengah meja makan sebagai pemanis.

5. Manfaatkan untuk Kegiatan Esok Hari

Ada beberapa pernikahan yang berlangsung lebih dari sehari. Asyiknya, Anda dapat memanfaatkan dekorasi bunga di hari sebelumnya untuk jadi bagian dekorasi hari kedua. Namun, agar dekorasi di hari kedua tetap bagus, jaga bunga tetap segar di malam harinya dengan merendamnya dalam air atau menyemprotkan air.

6. Beri Mereka Kehidupan Kedua

Cara memanfaatkan bunga yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang gemar bercocok tanam. Setelah acara pernikahan selesai, kumpulkan semua bunga bekas dan buat menjadi pupuk kompos. Pupuk kompos dari bunga pernikahan Anda dapat digunakan untuk menanam bunga lain di taman rumah.

Cara ini memang sedikit sulit, tapi percayalah, Anda akan merasa senang setelah melihat pekarangan rumah ditumbuhi bunga-bunga yang bermekaran. Terlebih Anda akan memiliki kenangan manis karena bunga berasal dari momen penting Anda dan pasangan. 

 24 Res Roses In Vase, Rp 495.000,- ; Beli di sini

7. Awetkan Bunga

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk memanfaatkan bunga pernikahan adalah mengeringkannya. Bunga kering dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam hal, mulai dari pemanis ruang hingga pembatas buku.

Untuk cara membuatnya, Anda bisa  manfaatkan silica gel atau biarkan saja bunga mengering sendiri di vas. Pelajari teknik mengawetkan bunga lebih lanjut dengan florist kepercayaan Anda.

Tinggalkan komentar

Komentar akan ditinjau sebelum ditampilkan

icon-arrow-left Kembali ke Inspirations