Keranjang Belanja
Advertisement

5 Hal yang Harus Pria Siapkan untuk Bachelor Party

Bachelor party adalah istilah yang dikenal sebagai tradisi pagelaran sebelum pesta pernikahan dilangsungkan. Pesta ini lebih dikenal dengan nama pesta lajang atau bujang. Awalnya, pesta ini berasal dari benua Amerika dan mengalami perkembangan yang sangat pesat, hingga pada awal dekade 80-an, bachelor party masuk ke Tanah Air.

 7 Hal yang Harus Pria Siapkan untuk Bachelor Party

BELAKANGAN ini, pesta lajang untuk calon mempelai memang tengah menjadi tren di masyarakat. Pesta ini biasanya berasal dari inisiatif teman dekat atau sahabat dari pengantin, dan bersifat kejutan. Pesta lajang sendiri ditujukan sebagai pesta ‘nakal’ terakhir yang dilakukan oleh calon pengantin sebelum menghabiskan waktu bersama pasangannya.

Sekedar informasi, bagi wanita yang hendak menikah, pesta ini lebih dikenal dengan nama bridal shower, sementara bagi pria pesta bujang disebut juga bachelor party

Meskipun pesta ini identik dengan wanita, namun tidak sedikit pula para pria yang melakukan pesta bujang bersama sahabat-sahabatnya. Jadi Anda para pria tidak perlu merasa aneh jika ingin mengadakan pesta 'perpisahan' bersama sahabat terdekat.

Nah, bagi Anda yang hendak merencanakan bachelor party untuk sahabat atau mungkin diri sendiri, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum membuat malam yang tak terlupakan. Apa saja? Ini dia rangkumannya!

1. Merencanakan Konsep Pesta 

Urutan pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu apakah yang diinginkan oleh pengantin pria. Apakah dia ingin bersantai dengan teman-temannya sambil bersenda gurau? Atau sekedar bermain kartu sambil mengisap cerutu?  

Ingat, tidak semua pihak bujangan ingin melibatkan banyak minuman keras dan penari striptease. Jika dia tidak menginginkan hal tersebut, jangan melakukannya. Begitu mempelai pria memutuskan apa yang ingin dia lakukan pada malam itu, tugas Anda adalah mewujudkannya.

  • 2. Pengantin Pria Tidak Membayar Apapun

  • Jangan pernah membebankan biaya pada calon pengantin pria. Sebaliknya, semua biaya pada acara tersebut dibagi rata di antara mereka yang menghadiri pesta, baik untuk dekorasi pesta hingga tagihan untuk makanan dan minuman.Jadi, bicarakan baik-baik anggaran pesta dengan teman-teman yang ikut merayakan, agar saat pulang nanti Anda tidak pusing menanggung sendiri biayanya. 

    Dapatkan Champagne Bottle Foil Balloon dengan harga Rp 25.000,- Beli di sini

  • 3. Tidak Ada Bahaya

  • Jangan pernah mempermalukan calon pengantin pria, apalagi membahayakannya. Terkadang, pesta bujang seringkali digunakan sebagai momen untuk melakukan hal-hal ekstrem yang belum pernah dilakukan sebelumnya oleh calon mempelai, seperti melakukan balapan liar sambil minum, dan sebagainya.

    Sebagai teman, memang tugas Anda untuk mewujudkan keinginannya, tapi ingat, jangan sampai kelewat batas dan justru membahayakan nyawa sang mempelai. Tetap buat pesta yang aman dan menyenangkan bagi semua undangan.

  • 4. Mencari Transportasi

  • Rencanakan bagaimana tamu undangan akan sampai ke dan dari tempat tujuan, terutama jika ada minuman alkohol yang disajikan. Memiliki anggota kru yang berkomitmen untuk menjadi pengemudi adalah hal penting yang harus diperhatikan.

    Namun, jika tidak ada orang lain yang dapat diandalkan, tentunya Anda harus mencari solusi, misalnya menyewa mobil. Ingat: pengantin pria tidak membayar apa-apa.

    Baca juga: Purity: Jenis Mawar Baru Untuk Hari Pernikahan

    5. Pesta Belum Berakhir Sampai Calon Mempelai Pria Mengatakannya

     

    Aturan yang harus diingat adalah jika calon mempelai pria ingin tinggal sedikit lebih lama, itu berarti Anda harus tetap tinggal. Jika menurutnya Anda minum terlalu banyak, beralihlah ke air putih.

    Tanpa mempelai pria, tidak akan ada pesta lajang. Oleh karena itu, dia bertanggung jawab atas segala yang terjadi di pesta tersebut.

    Dapatkan Sleeping Hard Cake dengan harga Rp 435.000,- Beli di sini

    6. Pastikan Tamu Undangan

    Meskipun pesta bujang merupakan pesta yang bersifat kejutan bagi calon mempelai, namun Anda tetap perlu memastikan tamu undangan yang datang. Hal ini sangat penting karena dapat mempengaruhi suasana acara selama pesta berlangsung.

    Jangan pernah undang seseorang yang memiliki hubungan kurang baik dengan calon mempelai. Untuk lebih aman, sebaiknya undang kawan terdekat yang memang sudah sangat akrab. Atau Anda bisa bertanya pada calon istri mempelai mengenai referensi tamu undangan. 

    7. Buat Pesta yang Berkesan

    Hal terakhir dan yang terpenting dalam merencanakan pesta apapun adalah membuatnya sangat berkesan bagi mereka yang diberi kejutan. Sebuah pesta paling mahal sekalipun jika tidak meninggalkan kesan mendalam, akan terasa sia-sia.

    Khusus untuk pesta bujang, agar kejutan ini meninggalkan memori yang berkesan bagi calon mempelai, Anda bisa menyusun acara dengan menyelipkan video buatan Anda dan teman-teman yang berisi pesan tentang sang mempelai. Atau, siapkan satu sesi untuk bercerita mengenai masa lalu yang menyenangkan. Agar semakin seru, jangan lupa siapkan foto-foto jadul yang akan membuat Anda bernostalgia sambil tertawa. 

    Tinggalkan komentar

    Komentar akan ditinjau sebelum ditampilkan

    icon-arrow-left Kembali ke Inspirations