Keranjang Belanja
Advertisement

Bunga Lily, dari Sejarah hingga Maknanya

Keindahan bunga lily memang sudah termahsyur sejak dulu. Selain bunganya yang indah, aroma bunga yang harum membuat lily semakin disukai.

Bunga Lily, dari Sejarah hingga Maknanya

PILIHAN tepat apabila Anda berkeinginan memberikan hadiah bunga lily untuk teman atau pasangan Anda tapi yang paling penting, Anda harus kenali bunga lily dan arti yang tersimpan di dalamnya. Apabila teman atau pasangan Anda bertanya pada Anda mengapa memilih bunga lily dari bunga lainnya, Anda dapat memberikan jawaban yang tepat. Berikut ini akan di bahas mengenai bunga lily, mulai dari sejarah hingga makna yang tersimpan di setiap warnanya.

Sejarah Bunga Lily

Pada tahun 1580 SM, ditemukan gambar bunga lili di sebuah villa di Kret. Bunga-bunga megah ini telah lama berperan dalam mitologi kuno. Berasal dari kata Yunani “Leiron:, (umumnya diasumsikan mengacu pada bunga lily bakung Madonna putih).

Menurut mitos Yunani kuno bunga lili tercipta ketika Dewa Zeus jatuh cinta pada wanita Bumi bernama Alceme dan melahirkan seorang putra yang diberi nama Hercules. Dewa Zeus menginginkan agar Hercules menjadi Dewa seutuhnya, maka Hercules dibawa ke surga untuk disusui oleh Hera, istri Zeus.

Dapatkan Pretty Rose and Lily Petite Basket dengan harga Rp 745.000,- Beli di sini

Zeus mengira bahwa Hera tidak akan mau menyusui Hercules. Maka Hera dibius hingga tertidur. Saat Hera tertidur, Hercules diletakkan di bawah payudara Hera, tanpa ia sadari ternyata Hera pun menyusui Hercules. Karena efek dari obat bius yang habis, Heran pun kaget dan terbangun dari tidurnya dan tak sengaja melempar Hercules.

Kemudian, air susu pun menyembur ke langit dan ke bumi. Air susu yang menyembur ke langit berubah menjadi bintang yang disebut Galaksi Bima Sakti (Milkyway), sedangkan yang menyembur ke Bumi berubah menjadi bunga lili pertama yang tumbuh di bumi.

Simbol dari Bunga Lily

Dalam pernikahan kuno Yunani, mempelai wanita mengenakan mahkota bunga lily dan gandum yang melambangkan kemurnian dan kelimpahan. Orang-orang Mesir kuno merayakan bunga lily bakung sebagai simbol kesuburan dan kelahiran kembali.

Namun, dalam budaya Tionghoa, bunga lily bakung adalah pesona keberuntungan. Bunga Lily putih melambangkan kesucian dan kebajikan, bisa juga sebagai simbol kemurnian. Karena varietasnya menjadi populer, mereka membawa serta makna dan simbolisme tambahan.

Dapatkan Carnations N Lilies dengan harga Rp 495.000,- Beli di sini

Bunga lily peru atau Alstroemeria melambangkan persahabatan dan pengabdian, Lily putih melambangkan rasa simpatik, Pink Lily atau lily berwarna merah muda melambangkan kekayaan dan kemakmuran dan Valley Lily melambangkan kerendahan hati.

Sebagai bunga yang selalu dikaitkan dengan kematian atau pemakaman, bunga lily dipercaya mampu mengembalikan kesucian setelah kematian bagi orang-orang yang telah tiada.

Makna Bunga Lily

Selama zaman Victoria, setiap orang menggunakan bunga untuk mengungkapkan perasaan yang tidak bisa diutarakan atau diucapkan. Saat ini, bunga lily bakung tetap menjadi pilihan favorit bagi pengantin wanita yang menyukai warna putih lembut yang bisa diartikan kehidupan baru dalam kesucian.

Beragam macam bunga lily dengan makna yang tersimpan berbeda-beda, berikut adalah arti bunga lily pada setiap warnanya :

  • Bunga Lily Putih : Ketulusan, kemuliaan, pengabdian, rasa simpatik, kehidupan baru
  • Bunga Lily Kuning : Persahabatan. Namun apabila Anda memberikan bunga lily kuning ini secara berlebihan, bunga ini akan mewakili perasaan yang sedang tertekan/depresi atau kepalsuan.
  • Bunga Lily Merah : Kemakmuran dan kekayaan yang berlimpah
  • Bunga Lily Orange : Kebencian, penghinaan, kebohongan,

Setelah mengetahui sejarah dan arti bunga lily, Anda dapat dengan percaya diri memberikan hadiah bunga lily sesuai pesan yang Anda ingin sampaikan pada seseorang dengan diwakili oleh warna dari bunga lily itu sendiri.

Baca juga: 7 Bunga dengan Aroma Terbaik

Anda bisa memesan bunga lily di toko bunga atau florist Jakarta sekitar rumah Anda atau kunjungi toko bunga online Outerbloom, disana terdapat berbagai macam bunga dan bentuk rangkaian bunga yang menarik.

Tinggalkan komentar

Komentar akan ditinjau sebelum ditampilkan

icon-arrow-left Kembali ke Inspirations