Keranjang Belanja
Advertisement

Buket Bunga Kering? Ini Solusinya!

Buket bunga yang indah memang dapat menyejukan mata dan ruangan. Sayang,  buket bunga tidak dapat dinikmati selamanya sebab ia akan layu, dan akhirnya mati. Jika sudah begini, kebanyakan orang tentu akan membuang buket bunga yang sudah layu. 

Buket Bunga Kering? Ini Solusinya!

MENDAPATKAN buket bunga cantik dari seseorang yang Anda kasihi tentu akan meninggalkan kesan yang mendalam. Selain karena indah, buket bunga tersebut akan terus mengingatkan Anda pada si Dia yang telah memberikannya. Sudah sewajarnya jika Anda ingin terus menyimpan karangan bunga tersebut selamanya sebagai kenangan.

Sayang, sebagai mahkluk hidup, bunga dalam buket bunga lama-lama akan layu dan mati. Meskipun Anda masih ingin melihatnya, buket bunga yang sudah layu umumnya hanya akan berakhir di tempat sampah.

Padahal, Anda bisa terus menyimpan buket bunga kesayangan dengan cara mengeringkannya lho. Penasaran? Simak beberapa cara pengeringan bunga berikut ini. 

1. Menggunakan Microwave

Teknik pengeringan bunga yang pertama adalah dengan microwave. Teknik ini memudahkan Anda untuk mengeringkan bunga tanpa merusaknya hanya dalam waktu singkat.

Untuk memulainya, yang harus Anda lakukan pertama kali adalah memilih bunga apa yang ingin dikeringkan. Anda dapat memilih bunga yang paling disukai atau bunga yang paling ingin Anda kenang.

Selanjutnya, sediakan wadah kecil seperti mangkok, letakkan satu per satu tangkai bunga ke dalamnya lalu tutup dengan cat litter. Masukan mangkuk ke dalam microwave selama 2 – 3 menit. Setelah itu, keluarkan bunga dan bersihkan sisa-sisa cat litter yang menempel pada tangkai bunga.

10 Pink Lilies In Bouquet, Rp 695.000,- ; Beli di sini

2. Menggunakan Silica Gel

Pengeringan bunga menggunakan silica gel mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama yaitu sekitar beberapa hari bahkan bisa sampai seminggu. Meskipun terbilang cukup lama, teknik ini dapat menjaga tampilan bunga sehingga bisa terlihat seperti bunga di kebun rumah Anda.

Anda dapat menemukan silica gel di toko bunga terdekat atau toko kerajinan di sekitar rumah anda karena bahan ini tergolong mudah ditemukan. Beberapa orang biasanya sering menggunakan silica gel untuk mengeringkan bunga mawar.

3. Teknik Menekan

Teknik ini tergolong mudah dilakukan tanpa membutuhkan banyak bahan. Jika Anda ingin mengeringkan bunga dengan tujuan untuk menjadikannya pembatas buku, maka teknik menekan adalah pilihan terbaik. Anda hanya membutuhkan sebuah buku tebal lalu letakkan bunga pada halaman tertentu dan pastikan bunga tidak saling bertumpukan satu dan lainnya.

Baca juga: Trik Memberikan Bunga Sesuai Kepribadian

Selanjutnya, bunga tersusun dengan rapi, tutup buku dan pastikan jangan disentuh selama 7 – 10 hari. Setelah itu, Anda dapat membuka buku itu lagi dan bunga kering sudah di siap digunakan.

Anda dapat memanfaatkannya sebagai hiasan di dinding rumah dengan menempelkannya pada pigura foto. Anda juga dapat memberikan warna-warna sesuai keinginan dan menggantungnya di lemari atau pintu. 

4. Pengeringan Udara

Pengeringan menggunakan udara masih tergolong teknik paling alami dibandingkan teknik lainnya. Teknik ini juga tergolong mudah dilakukan dan tidak membutuhkan banyak bahan atau biaya.

Anda hanya perlu mengumpulkan beberapa bunga dalam satu ikat menggunakan karet gelang atau tali lainnya. Kemudian gantung bunga dengan posisi terbalik di ruangan yang mendapat sinar matahari dan udara secara langsung sampai bunga mengering.

Meskipun mudah, kelemahan teknik ini adalah membutuhkan waktu yang lebih lama dari teknik lainnya. Anda membutuhkan beberapa minggu untuk mengeringkan bunga sampai kering sempurna. Setelah itu, Anda dapat meletakkanya di dalam vas bunga atau menggantungnya di ruangan yang diinginkan. Teknik ini dapat memberikan warna kelopak bunga kering secara alami.

Giant Presserved Rose on Brass Terrarium, Rp 595.000,- ; Beli di sini

5. Teknik Pengeringan Biasa

Jika Anda merasa keempat teknik sebelumnya terlalu sulit atau tidak sempat melakukannya, cara terakhir untuk mengeringkan bunga ini dapat dicoba. Sangat mudah, cukup biarkan buket bunga Anda mengering secara alami di dalam vas.

Tapi perlu diingat, agar batang bunga tidak busuk dan menimbulkan kotoran, kosongan terlebih dahulu air dalam vas untuk selanjutnya membiarkan bunga kering dengan sendirinya. Sesekali Anda juga bisa meletakan vas berisi bunga di terik matahari agar lebih cepat kering. 

Tinggalkan komentar

Komentar akan ditinjau sebelum ditampilkan

icon-arrow-left Kembali ke Inspirations