Keranjang Belanja
Advertisement

Berkenalan dengan Anyelir, Bunga Cantik yang Bagus untuk Kesehatan

Memiliki tubuh yang rapuh sering membuat bunga seperti anyelir dipandang sebelah mata. Padahal, bunga anyelir tidak hanya dikenal karena kecantikannya, namun juga memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. 

Berkenalan dengan Anyelir, Bunga Cantik yang Bagus untuk Kesehatan.jpg

ANYELIR atau Carnation adalah bunga yang biasa ditemukan dalam perayaan hari ibu atau pernikahan sebagai rangkaian bunga. Bunga dengan kelopak cantik ini menjadi simbol dari cinta, keberuntungan, dan rasa kagum terhadap seseorang. Selain itu, anyelir juga memiliki keiistimewaan mampu bertahan lama saat dipajang. 

Tapi tidak berhenti sampai di situ, bunga anyelir juga memiliki berbagai manfaat bagi kecantikan dan kesehatan yang belum banyak diketahui orang. Apa saja? Berikut rangkumannya. 

1. Meredakan stres

Anyelir juga dikenal dengan nama Dianthus Caryophyllus. Sejak jaman dahulu, anyelir sering dikonsumsi sebagai teh yang biasa digunakan untuk meredakan stres dan depresi. Sebagai teh, umumnya bunga anyelir akan dikeringkan lalu kemudia diseduh.

Selain dapat meredakan stres, anyelir juga bisa mengobati rasa lelah. Hal ini cocok untuk Anda yang mempunyai aktivitas padat, sehingga dapat mengonsumsi teh anyelir setiap pagi dan malam hari setelah berkegiatan. Bahkan masyarakat China sering mengonsumsi teh minyak anyelir untuk mengembalikan energi setelah melakukan aktivitas pada.

Sementara itu di Eropa, bunga anyelir juga dikenal sebagai bunga untuk kesehatan karena sering digunakan sebagai obat untuk meredakan rasa gugup yang berlebihan, menyembuhkan beberapa penyakit koroner, dan menyembuhkan mabuk laut. Selain itu, minyak bunga anyelir juga sering digunakan untuk memberikan rasa tenang.

Dapatkan 20 Red Carnations In A Bouquet dengan harga Rp 395.000,- Beli di sini

2. Menyembuhkan peradangan

Manfaat bunga anyelir lainnya adalah menyembuhkan peradangan. Anyelir mengandung zat yang dapat menenangkan sistem saraf, mengurangi pembengkakan, dan menyeimbangkan hormon khususnya hormon wanita.

Menurut Worldwide Health, anyelir dipercaya dapat mengurangi ketegangan otot pada jaringan rahim dan mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Selain itu, anyelir juga digunakan untuk pengobatan endometriosis.

Endometriosis adalah jaringan endometrium yang tumbuh secara berlebihan di rahim dan terkadang berkembang biak di organ panggul lainnya seperti ovarium dan saluran tuba.

Dalam kondisi tersebut, anyelir dapat diseduh sebagai teh atau dikonsumsi sebagai suplemen untuk menghilangkan stres, rasa gelisah, dan menyeimbangkan hormon di organ panggul yang menyebabkan pertumbuhan hormon endometriosis.  

Baca juga: 6 Manfaat Bunga Bagi Kesehatan Mental

3. Kesehatan kulit

Anyelir juga dapat memberikan efek positif untuk kesehatan kulit Anda. Minyak anyelir dapat digunakan untuk mengobati ruam pada kulit, melembabkan kulit, mencegah resiko keriput di usia muda, dan digunakan sebagai kosmetik.

Anda tidak perlu khawatir efek samping dari kosmetik anyelir karena bunga ini masih tergolong aman digunakan untuk segala jenis kulit.

Dapatkan Pink Carnations In Vase dengan harga Rp 395.000,- Beli di sini

4. Menyembuhkan Mual

Anyelir juga sering digunakan sebagai obat untuk menurunkan demam dan mengobati sakit perut. Selain itu, anyelir juga dapat digunakan sebagai obat untuk menjaga kesehatan organ-organ penting dalam tubuh Anda seperti hati dan jantung.Hal ini disebabkan anyelir dapat membunuh kuman penyebab penyakit yang bersarang dalam tubuh Anda.

Untuk Anda yang sering merasakan sesak ataupun nyeri pada bagian dada, Anda dapat mengonsumsi kelopak anyelir dengan merebusnya bersama 1 sdm gula. Minum air rebusan kelopak anyelir setiap hari untuk meredakan rasa sakit tersebut sekaligus memberikan efek menenangkan.

Tinggalkan komentar

Komentar akan ditinjau sebelum ditampilkan

icon-arrow-left Kembali ke Inspirations