Advertisement
Advertisement

Apa Arti Simbolisasi Corsage?

Corsage adalah bunga artificial yang kerap digunakan sebagai bunga pernikahan atau bunga pengantin. Sebenarnya, apa makna di balik penggunaan corsage saat hari pernikahan? Ini dia jawabannya!

SAAT menghadiri perayaan pernikahan, kelulusan, atau pesta dansa, kita kerap melihat para wanita menyematkan bunga di pergelangan tangannya. Inilah yang disebut dengan corsage.

Corsage biasanya terbuat dari bunga artificial atau bunga palsu yang dilengkapi dengan pita atau detail tumbuh-tumbuhan lainnya. Aksesori ini identik sebagai bunga pernikahan atau bunga pengantin

Namun, tahukah Anda bagaimana awal mula corsage menjadi bunga pernikahan? Ternyata ada sejarahnya tersendiri, lho. Mau tahu?

Sejarah Corsage

Kata corsage berasal dari bahasa Perancis yang berarti korset gaun. Corsage diambil untuk mewakili bunga corsage yang ada sekarang, karena dahulu para wanita akan menyematkan bunga di gaun mereka.

Mengapa? Keberadaan bunga di gaun dipercaya dapat menjauhkan kehadiran iblis atau setan di hari spesial. Dengan memakai bunga, para tamu ataupun pengantin dapat menjaga diri mereka tetap aman selama acara berlangsung.

Seiring berjalannya waktu, pun perubahan gaya berpakaian, pemakaian corsage jadi lebih sederhana, yakni disematkan hanya di pergelangan tangan.

Tipe Corsage

Meski kebanyakan corsage diletakkan di pergelangan tangan, ternyata ada banyak tipe corsage, loh. Ada corsage tradisional yang biasanya diletakkan di bahu kiri, ada pula corsage yang diletakkan di pergelangan tangan kiri.

Selebihnya, ada corsage yang dipasang di mata kaki hingga di rambut. Namun, apapun tipe corsage-nya, biasanya warna corsage disesuaikan dengan tema pakaian yang dikenakan pada hari itu.

Mayoritas corsage pun terbuat dari bunga artificial.

Fungsi dan Kegunaan

Corsage memang hanya terbuat dari bunga artificial. Namun, keberadaannya memiliki makna tersendiri dalam pernikahan. Di pernikahan, corsage biasanya menandakan anggota keluarga pengantin.

Ibu dan nenek pengantin lazimnya memiliki corsage spesial yang berbeda dari corsage milik anggota keluarga lainnya. Bunga magnolia biasanya digunakan untuk corsage keduanya.

Jika di pernikahan corsage menandakan anggota keluarga, fungsinya sedikit berbeda di pesta kelulusan. Biasanya, corsage menandakan tenaga pendidik atau staf kampus.

Corsage juga bisa digunakan untuk membedakan fakultas, jadi setiap fakultas mengenakan corsage yang berbeda.

Selain sebagai penanda identitas, keberadaan corsage juga bisa digunakan untuk mengenang atau menghormati orang-orang tertentu.

Misalnya, di acara penghargaan, corsage bisa diberikan kepada penerima penghargaan atau nominee. Di acara bridal shower, lain lagi fungsi corsage.

Sang ibu bisa menggunakan corsage yang menggambarkan jenis kelamin bayinya, misalnya biru untuk laki-laki atau merah muda untuk perempuan.

Yang Harus Dipertimbangkan

Kehadiran corsage sangat penting dalam sebuah acara. Pertimbangkan bahan corsage tergantung dengan acara yang akan Anda selenggarakan.

Jika acara akan berlangsung lama, lebih baik gunakan bunga artificial sebagai bahan corsage, karena corsage yang terbuat dari bunga asli akan cepat mengering.

Di sisi lain, jika Anda ingin memberikan corsage kepada seseorang untuk menghadiri sebuah acara, pertimbangkanlah bunga favoritnya. Pemberian corsage menandakan kepentingan.

Ketika Anda memberikan corsage kepada seseorang, orang itu akan tahu bahwa ia penting untuk Anda. Mempertimbangkan bunga favoritnya sebagai corsage akan membuat corsage yang  Anda berikan jadi lebih spesial.

Nah, itulah serba-serbi corsage yang perlu Anda tahu. Semoga dengan mengetahui berbagai hal tentang corsage, Anda bisa memilih corsage yang tepat untuk pesta Anda, ya.

Selamat memilih! Semoga pesta Anda berjalan dengan lancar.

icon-arrow-left Kembali ke Inspirations

STAY IN TOUCH

Keranjang Belanja
Log In / Sign Up