Keranjang Belanja
Advertisement

9 Cara Menghemat Budget Bunga Pernikahan

 

Wanita selalu punya chemistry spesial dengan bunga. Tak heran jika kemudian banyak wanita yang mengingikan deorasi pernikahan penuh dengan rangkaian bunga mawar plus buket bunga pernikahan. Namun, anggaran kadangkala tak bersahabat. Untuk mengakali masalah ini, tips dan trik di bawah ini mungkin dapat membantu Anda.

9 Cara Menghemat Budget Bunga Pernikahan


RANGKAIAN bunga indah pada dekorasi pernikahan bukanlah hal yang dapat dianggap sepele. Selain membuat suasana pernikahan lebih indah, dekorasi bunga dapat membuat acara pernikahan lebih semarak.

Sayangnya, untuk menghadirkan suasana meriah dengan bunga tersebut, dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Jika tidak diperhatikan, malah dana untuk dekorasi bunga bisa saja lebih mahal dari biaya makanan atau gaun pernikahan Anda. 

Karena itu, Anda dan pasangan perlu memutar otak untuk tetap mendapat dekorasi bunga yang bagus dan sesuai dengan anggaran. Dikutip dari Theknot, inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan bersama toko bunga pilihan untuk menghemat budget bunga pernikahan. 

1. Berkonsultasi dengan Florist

Tak perlu malu soal anggaran. Malahan, terbukalah soal hal satu ini dengan toko bunga  pilihan Anda. Florist pasti akan membantu memilihkan bunga yang paling cocok dengan kebutuhan dan anggaran kliennya.

Beri arahan soal visual dan palet warna yang Anda inginkan, tapi biarkan florist yang menentukan jenis bunganya. Cari florist Jakarta yang ahli dan mudah diajak konsultasi untuk hal ini.

2. Pilih Bunga yang Mudah Didapat

Memilih bunga tulip untuk buket bunga pernikahan atau dekorasi pernikahan tentu akan lebih memakan anggaran daripada memilih bunga anggrek atau mawar. Ya, carilah bunga yang sedang musimnya dan mudah didapat di daerah asal Anda. Dengan demikian, Anda tak perlu membayar ekstra untuk biaya transportasi bunga dari daerah luar.

Simply Pink Rose and Lily, Rp 345.000,- ; Beli di sini

3. Pilih Bunga yang Besar

Bunga dengan mahkota besar mungkin lebih mahal daripada bunga bermahkota kecil. Namun, semakin besar bunga maka akan semakin terlihat ia dalam ruangan dan akan semakin sedikit dibutuhkan.

4. Tukar Bunga yang Mahal

Ada beberapa penyedia dekorasi pernikahan yang sudah memaketkan jenis bunga. Bila masih mungkin ditawar, bernegosiasilah perihal jenis bunga. Minta bunga dengan harga yang lebih murah, tetapi dengan warna yang sama untuk memangkas anggaran.

Baca juga: Manfaatkan Sisa Bunga Pernikahan dengan 7 Cara Ini

5. Jangan Menyepelekan Keindahan Bunga yang Umum

Carnation dan bunga mawar adalah dua jenis bunga yang paling mudah didapat. Saking mudahnya, beberapa pengantin enggan menggunakannya karena khawatir akan pasaran.

Namun, bagaimana jika jenis bunga ini adalah yang paling masuk akal dengan budget Anda? Jangan terburu-buru menolaknya, lihat dulu desain rangkaian yang ditawarkan florist kepercayaan. Anda mungkin dapat terpukau dibuatnya.

6. Gunakan Jenis Bunga yang Terbatas

Terlalu banyak memilih jenis bunga akan menghabiskan banyak anggaran. Maka dari itu, gunakan dua hingga tiga jenis bunga saja supaya lebih hemat. Selain membuat anggaran lebih hemat, tampilan bunga yang sederhana dan kohesif akan membuat ruang terlihat lebih elegan, bukan?

3 Sunflowers In A Bouquet, Rp 445.000,- ; Beli di sini

7. Manfaatkan Kembali Bunga di Upacara Pernikahan

Mendaur ulang bunga di pesta pernikahan benar-benar dapat menghemat anggaran Anda. Misalnya, gunakanlah bunga bekas dekorasi pernikahan sebagai center piece/ bunga meja saat makan malam. Untuk mempermudah, sebaiknya bicarakan terlebih dengan toko bunga Anda perihal ini.

8. Lebih Hijau Lebih Baik

Cara lainnya untuk menghemat anggaran adalah dengan menggunakan dedaunan dalam rangkaian bunga. Apalagi, kini rangkaian bunga byang dipadukan dengan daun sedang menjadi tren menyusul gaya pernikahan rustic yang hype. Selain aman bagi kantong, pesta pernikahan Anda pun akan sangat instagramable kala difoto.

9. Pilih Alternatif selain Bunga

Untuk penganut agama Katolik atau Kristen, beberapa pengantin kerap mengganti buket bunga dengan rosary atau Alkitab saat berjalan menuju altar. Ini tentu dapat memangkas anggaran Anda untuk buket bunga pernikahan. Selebihnya, untuk menghias meja makan ataupun pelaminan, gunakanlah lampion atau lampu sebagai pengganti bunga.

Tinggalkan komentar

Komentar akan ditinjau sebelum ditampilkan

icon-arrow-left Kembali ke Inspirations