Keranjang Belanja
Advertisement

Fakta Menarik tentang 6 Jenis Bunga yang Belum Anda Tahu

Selain sering hadiah simbol perasaan, bunga ternyata memiliki berbagai karakteristik yang menjadi daya tarik. Selain indah sebagai tanaman, bunga juga memiliki beberapa fakta yang mungkin belum Anda ketahui.

6 Fakta Menarik tentang Jenis Bunga yang Belum Anda Tahu

IDENTITAS bunga pada dasarnya adalah sebagai simbol dari sebuah keindahan, wujud kasih sayang bahkan kerap kali digunakan untuk ritual-ritual tertentu.

Tapi, ternyata tidak hanya sebagai buket bunga, beberapa jenis bunga memiliki fakta-fakta unik lain yang mungkin selama ini belum Anda ketahui. Berikut ini merupakan 6 Jenis bunga beserta fakta bunga yang ada.

Tulip

Bunga yang datang dari negeri Kincir angin ini merupakan salah satu bunga yang memiliki ciri khas yang unik dan menarik. Pada abad ke 17 di Belanda, keberadaan bunga tulip lebih berharga dibandingkan dengan emas. Di Belanda, bunga tulip dijadikan sebagai simbol dari kehidupan, keabadian, dan cinta.

Tren bunga tulip juga terjadi di Eropa Barat di tahun 1630-an, sampai-sampai diberikan nama “Tulip Mania”, dan harga tulip menjadi sangat mahal di zaman itu. Dari usianya, ketahanan dari bunga tulip juga terbilang pendek dikarenakan hanya bertahan hidup 3 sampai dengan 7 hari saja.

Gas Plant

Bunga ini juga dikenal dengan burning bush, dan memiliki daun berwarna hijau. Keistimewaan bunga ini adalah bagian daun, bunga dan kantung biji tanaman ini mengeluarkan gas yang memiliki aroma lemon yang kuat sehingga dapat tersulut api hanya dengan korek.

Dapatkan 18 Romantique Hot Red With Chocolate Hand Bouquet dengan harga Rp 595.000,- Beli di sini

Bambu

Bunga bambu sangat jarang ditemukan. Beberapa spesies bambu menumbuhkan bunganya dalam waktu yang cukup lama yaitu 65 sampai 120 tahun. Fakta menarik dari  tanaman ini adalah satu spesies bambu dapat secara serentak memekarkan bunganya dalam waktu yang bersamaan, dimanapun lokasinya berada.

Adapun manfaat dari bambu adalah menurunkan efek rumah kaca karena bambu mengeluarkan oksigen 30% lebih banyak dan lebih menyerap karbon dioksida daripada tanaman lain.

Baca juga: 6 Manfaat Bunga Bagi Kesehatan Mental

Lotus

Di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan nama seroja. Bunga lotus/teratai memiliki keunikan, di antaranya hidup di tempat yang basah. Faktanya di zaman Mesir kuno, lotus dimanfaatkan sebagai bunga untuk ritual pemakaman. Adapun masyarakat Mesir kuno menjadikan lotus sebagai simbol dari kemurnian, kecantikan, dan ketenangan.

Bunga Matahari

Selain memiliki bentuk dan warna yang indah, bagian atas (kepala) bunga matahari terdiri dari bunga-bunga mungil yang disebut florets. Biji bunga matahari kaya akan minyak, dan menjadi sumber cadangan makanan.

Sehingga, jika biji bunga matahari dilumatkan akan menghasilkan minyak yang dapat digunakan untuk memasak. Kini, bunga matahari juga sering kali dimanfaatkan sebagai bunga hias dan untuk buket bunga

Dapatkan Signature Rose Box Stripe Premium - Red White dengan harga Rp 1.000.000,- Beli di sini

Mawar

Selain digunakan untuk penyampaian rasa cinta yang diberikan kepada pasangan, bunga mawar memiliki manfaat lain, di antaranya sebagai bunga hias serta untuk dikonsumsi.

Bunga mawar bisa diolah menjadi jelly dan juga dapat diseduh menjadi teh karena mawar merupakan tanaman yang kaya akan vitamin C. Selain itu di Mesir Kuno, bunga mawar digunakan sebagaai karangan bunga untuk pemakaman dan juga digunakan sebagai penyembahan kepada Tuhan dalam upacara-upacara sakral.

Tinggalkan komentar

Komentar akan ditinjau sebelum ditampilkan

icon-arrow-left Kembali ke Inspirations