Advertisement
Advertisement

3 Cara Mengeringkan Bunga

Mendapat sebuket bunga dari seseorang tentu sangat menyenangkan dan meninggalkan kesan. Seringkali kita terus ingin melihat bunga tersebut dan memajangnya di dalam kamar. Sayang seiring berjalannya waktu, bunga-bunga tersebut akan layu. 

3 Cara Mengeringkan Bunga

KEINDAHAN bunga sudah tak diragukan lagi. Hampir semua kaum wanita menyukai bunga. Tak hanya indah, bunga juga menyimpan wangi yang menyegarkan dan bisa menenangkan pikiran. Namun, biasanya Anda kurang perhatian dengan membiarkan bunga layu dan tak segar lagi. Bunga yang Anda dapatkan dari orang yang Anda kasihi tak melulu hanya ditaruh di dalam vas bunga saja, lho.

Anda bisa membuat hiasan bunga kering dengan cara mengeringkan bunga tersebut. Dengan menggunakan berbagai teknik untuk mengeringkan bunga, Anda dapat mempertahankan warna dan bentuk bunga sehingga bunga tidak layu atau berubah warna, sekaligus menyelamatkan mekarnya bunga-bunga yang Anda dapatkan untuk dinikmati sepanjang tahun. Berikut adalah cara mengeringkan bunga dan beberapa tips mengeringkan bunga.

Mengeringkan Bunga dengan Menjemurnya

Cara ini adalah cara yang paling sederhana. Pertama, bunga rangkaian bunga dan hilangkan daun yang tidak diinginkan, lalu bagilah bunganya menjadi beberapa tandan kecil dan ikatlah dengan tali, benang atau karet gelang. Gantungkan bunga ditempat yang hangat, kering dan gelap.

Harus ditempat yang kering agar bunganya tidak membusuk dan tetap dapat mempertahankan warnanya. Jika diletakkan di ruangan yang terang, cahaya bisa membuat warna dari bunga tersebut memudar. Metode ini biasanya memakan waktu beberapa minggu. Lamanya waktu akan bervariasi tergantung jenis bunga, pengeringannya, kelembapan dan suhu ruangan. Periksalah bunga Anda setiap 2-3 hari sekali.

Dapatkan 5 Marvelous White Calla Lilies and 12 Pink Roses in Vase dengan harga Rp 595.000,- Beli di sini

Mengeringkan Bunga dengan Buku

Kuncinya adalah kesegaran dari bunga tersebut. Pilihlah Bunga yang masih berbentuk tunas atau yang baru mekar dengan sempurna. Jika Anda memetiknya dari halaman rumah lakukanlah pada pagi hari tepat setelah embun menguap.

Setelah Anda mendapatkan bunga yang Anda inginkan untuk di-press, segeralah mulai keringkan bunga tersebut. Jika Anda tidak segera ingin menekannya, sebaiknya letakkan bunga dilemari es. Nah cara mengeringkan bunganya adalah :

  • Kumpulkan bunga yang ingin Anda press bersama dengan beberapa koran, kertas, tissue, buku yang tebal atau berat dan batu bata/batu besar.
  • Pertama-tama buatlah sepotong karton yang ukurannya hampir sama dengan buku Anda, letakkan selembar Koran diatas tissue (berukuran sama dengan potongan karton Anda yang tadi), diikuti selembar kertas tissue (juga berukuran sama).
  • Tempatkan bunga diatas kertas tissue, pastikan satu sama lain tidak bersentuhan.
  • Setelah tumpukan Anda selesai, tekan dengan buku berat hingga batu bata.
  • Metode ini biasanya memakan waktu cukup lama, sekitar 2-4 minggu.

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Harus Ada Bunga Segar di Rumah Anda

Mengeringkan Bunga dengan Menyetrikanya

Kedua cara diatas membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika Anda tidak ingin menunggu 2-4 minggu untuk menyelesaikan press bunga Anda, pertimbangkan untuk menggunakan cara ini dengan menyetrikanya. Berikut cara yang harus Anda lakukan:

  • Press bunga diantara dua lembar kertas yang bisa menyerap air, lalu ratakan dengan buku tebal
  • Pastikan tidak ada air di setrika, Hal yang paling tidak Anda inginkan adalah menambah kelembapan pada bunga.
  • Panaskan setrika dengan rendah, Setelah hangat, tekan setrika diatas selembar kertas bagian atas selama 10-15 detik. Anda tidak perlu melakukan gerakan seperti menyetrika baju. Tunggu hingga 15 detik sampai kertas sudah dingin. Ulangi proses ini beberapa kali.
  • Angkat kertas dengan hati-hati untuk memeriksa apakah bunga itu sudah menjadi kaku dan mengering.

Dapatkan 2 Dozen of Pink Roses In A Vase dengan harga Rp 495.000,- Beli di sini

Nah, beberapa tips mengeringkan bunga di atas cukup sederhana dan bisa Anda praktikkan di rumah dengan alat-alat yang mudah ditemui. Karena tak melulu buket bunga yang Anda terima menjadi hiasan di atas meja, Anda juga bisa menggunakan cara ini untuk mengenang pemberian orang terkasih atau bunga yang Anda petik.

Anda juga bisa merasakan suasana asri dengan hiasan bunga kering ini yang bisa dipajang pada dinding rumah. Pastinya Anda akan merasa betah seharian dirumah dengan kreasi bunga kering di ruangan Anda. Kreasi bunga kering juga bisa Anda jadikan sebuah pembatas buku dengan me-laminating bunga kering tersebut.

1 komentar

  • Bunganya pipih ( karena di press) atau masih utuh bentuknya. Dan warnanya pudar atau masih seperti aslinya. Tks .

    Hadinata on

Tinggalkan komentar

Komentar akan ditinjau sebelum ditampilkan

icon-arrow-left Kembali ke Inspirations
Keranjang Belanja