Advertisement
Advertisement

20 Ucapan yang Bisa Anda Katakan untuk Berbelasungkawa

Ditinggalkan oleh orang tercinta selamanya adalah hal terberat yang dialami oleh setiap orang. Dalam situasi seperti ini, setiap orang yang ditinggalkan selamanya oleh orang terkasih akan merasa sangat sedih dan juga berduka.

DUKUNGAN dan rasa empati adalah hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk menghibur mereka.

Sebagai orang terdekat maupun sahabat, kita dapat menunjukan empati kita dengan menyampaikan ucapan belasungkawa sebagai wujud kepedulian kita. 

Untuk memberikan ucapan meninggal dunia, mungkin di antara kita ada yang merasa sulit dan bingung untuk mengucapkannya secara tepat agar kiranya tidak menyinggung perasaan, atau malah membuat teman, sahabat maupun rekan kita semakin sedih.

Bagi Anda yang ingin mengucapkan ucapan turut berdukacita, berikut ini beberapa kata yang bisa Anda gunakan dan ucapkan sebagai ucapan belasungkawa kepada kerabat yang sedang berdukacita

  1. "Maafkan, Saya baru mendengar bahwa paman Anda baru dipanggil Tuhan, Turut berduka cita"
  2. "Dia adalah orang yang murah hati. Kita semua akan merindukannya, tetapi warisannya akan hidup melalui semua yang telah ia lakukan"
  3. "Dia bukan hanya seorang sahabat, melainkan cahaya yang bersinar dalam kehidupan banyak orang. Saya akan sangat merindukannya. Ketahuilah bahwa saya akan berada di sini untuk Anda ketika Anda perlu berbicara dan bila Anda masih merasa sedih ketika mengingatnya"
  4. "Kita semua sangat menyayanginya, namun percayalah Tuhan lebih menyayanginya. Dia akan berbahagia berada di surga"
  5. "Semoga dia beristirahat dengan tenang di surga, semoga menjadi pendo'a bagi kita yang masih ada di dunia"
  6. "Putri Anda adalah gadis yang cantik, semoga dia bisa selalu bahagia di alam sana"
  7. "Kakek adalah orang yang terbaik yang pernah saya kenal. Saya akan selalu mengingat nasehat dan juga setiap kebaikan yang selalu diajarkan kakek"
  8. "Tidak ada kata yang bisa menggambarkan betapa kami sangat kehilangan sosok sahabat kami ini. Ketahuilah bahwa Anda ada dalam pikiran dan doa kami"
  9. "Kami sangat berdukacita akan kepergian guru kami tercinta. Semoga ilmu baik yang selalu ia ajarkan akan selalu diingat oleh kami di dunia ini"
  10. "Saya akan merindukan kata-kata baiknya dan senyum manisnya. Ketahuilah bahwa saya akan berdo'a untuk Anda dan keluarga Anda"

Bagi Anda yang juga ingin memberikan ucapan belasungkawa kepada orang terdekat Anda namun yang berada jauh dari Anda, Anda bisa juga menyampaikan ucapan meninggal dunia dengan mengirimkan karangan bunga dukacita.

Bunga yang Anda kirimkan dapat disertai dengan kartu ucapan dukacita sebagai bentuk empati Anda kepadanya. Anda juga bisa mengucapkannya melalui beberapa kata motivasi maupun dengan quotes berikut ini:

  1. "Selamat jalan, sahabat. Saya akan selalu mengingat semua kebaikan Anda, tawa dan canda Anda selama kita berteman"
  2. "Tuhan yang menciptakan maka Tuhan yang mengambil, Semoga dosa-dosanya dihapuskan oleh Tuhan dan mendapatkan tempat berbahagia di sisi-Nya.
  3. "Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga almarhum diampuni segala kesalahan serta diterima segala amal ibadahnya oleh Tuhan, dan semoga keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kekuatan iman lahir batin"
  4. "Saat beban hati tidak dapat dicurahkan, maka hanya air mata dan ucapan selamat jalan yang bisa saya sampaikan. Selamat jalan sahabat terkasih, selamat bersatu kembali dengan Tuhan"
  5. "Tuhan telah memanggil Anda pulang. Dia menyayangi Anda. Melepaskan sakit Anda. Pulanglah dalam damai, Bapa di surga telah menanti Anda"
  6. "Walaupun tubuh Anda berselimutkan tanah, namun percayalah bahwa kebaikan yang Anda tanamkan semasih hidup. Selamat jalan sahabat, jadilah pendoa bagi kami di dunia ini"
  7. "Sebuah kematian yang sudah di takdirkan, tidak akan kembali dengan sebuah kesedihan dan air mata. Memang mengikhlaskan  seorang yang sangat di sayangi adalah hal yang paling sulit yang di ajarkan dari Tuhan untuk kita. Saat ini, hanya doa yang bisa kita jadikan sebagai jalan untuk mendekatkan diri dan memohon kemudahan darinya atas segala musibah yang sedang kita alami saat ini. Dari dalam hati kami yang terdalam, kami ucapkan turut berbela sungkawa atau kepergian sahabat kami tercinta"
  8. "Sebuah kelahiran merupakan kehendak Tuhan dan bukan kehendak yang kita inginkan, setiap manusia akan kembali berpulang kepada sang kuasa. Hanya doa yang bisa kami panjatkan, agar Tuhan melapangkan jalan menuju tempat berbahagia bersamanya"
  9. "Manusia punya keinginan, namun Tuhan yang berkehandak, Tuhan yang mencipta maka Tuhan yang berhak atasnya. Selamat jalan saudara, Kami tak akan pernah lupa Anda"
  10. "Obat rindu yang terbesar ketika kita sedang membutuhkan dirinya di sisi kita yaitu mengingat semua kenangan bersamanya"
icon-arrow-left Kembali ke Inspirations

STAY IN TOUCH

Keranjang Belanja
Log In / Sign Up