15 Trik Merangkai Bunga di Rumah | Outerbloom

✨ Happy Eid Al-Fitr. Celebrate the moment, warmth and togetherness ✨

Advertisement
Advertisement

15 Trik Merangkai Bunga di Rumah

Memiliki bunga sebagai hiasan rumah setiap hari tentu akan membuat ruangan terasa lebih sejuk dan damai. Namun jika harus bolak balik tentu akan sangat merepotkan dan perlu keluar banyak biaya, bukan? Untuk mengatasinya, bagaimana jika membuat sendiri rangkaian bunga di rumah? 

15 Trik Merangkai Bunga di Rumah

SIAPA bilang merangkai bunga itu susah? Banyak pengusaha toko bunga yang memulai karirnya dengan belajar merangkai buket bunga cantik atau bunga meja sendiri di rumah. Asalkan Anda pantang menyerah dan mau belajar, maka kegiatan merangkai bunga akan terasa mudah.

Trik merangkai bunga di rumah yang paling utama adalah minat dari dalam diri sendiri. Jika Anda memiliki passion di dunia merangkai bunga, dijamin Anda tidak mudah putus asa untuk merangkai sendiri bunga meja atau hand-bouquet. Nah, berikut ini ada 15 trik merangkai bunga di rumah yang bisa Anda pelajari.

1. Potong batang pada sudut 45 derajat satu inci di bawah bunga

Manfaat dari memotong batang bunga ini adalah agar bunga dapat menyerap asupan air secara optimal. Bunga yang mendapatkan hidrasi dengan baik tidak akan mudah kering dan layu.

2. Gunakan cangkir teh sebagai vas bunga

Mungkin Anda sudah terbiasa melihat bunga berbatang panjang yang diletakkan di dalam vas bunga yang tinggi. Namun, jika saat mempelajari trik merangkai bunga di rumah salah satu batang bunga memiliki batang yang terlalu pendek sebaiknya Anda tidak membuang bunga tersebut. Bunga dengan batang yang pendek bisa diletakkan di dalam cangkir teh untuk menjadi sebuah bunga meja berukuran mini yang sangat manis.

3. Masukkan bunga kuncup ke dalam air hangat lalu air biasa

Pernahkah Anda menemukan bunga yang kuncup saat sedang merangkai bunga? Jangan membuang bunga kuncup tersebut karena Anda bisa membuatnya mekar dengan cara merendam bunga di dalam air hangat selama beberapa menit, lalu pindahkan ke dalam bas berisi air biasa. Dalam waktu 20 menit kelopak bunga akan terbuka menurut ukuran maksimalnya.

5 Sunflowers Handbpouquet, Rp 404.000,- ; Beli di sini

4. Ramuan vodka untuk membuang bunga lebih segar

Sebelum meletakkan bunga di dalam vas sebaiknya tambahkan beberapa tetes vodka dan satu sendok teh gula putih ke dalamnya. Ramuan vodka dan gula putih ini bisa membuat bunga segar lebih lama. Ketika Anda melihat tanda-tanda bunga akan layu, sebaiknya segera tambahkan vodka agar bunga dapat berdiri tegak selama 1-2 hari lagi.

5. Letakkan tanaman sekulen di mangkuk dessert

Tanaman sekulen sangat cantik untuk menghias meja atau ruangan indoor Anda. Untuk memberikan kesan unik dan menarik, gunakan mangkuk dessert untuk meletakkan tanaman sekulen. Isi gelas tersebut dengan tanah dan sedikit air, lalu tanam sekulen di gelas tersebut. Anda wajib menyemprot tanaman ini setiap seminggu sekali.

6. Es batu untuk anggrek

Seni trik merangkai bunga di rumah bisa datang dari hal-hal yang tidak pernah terduga sebelumnya. Anggrek dikenal sebagai tanaman yang tidak membutuhkan terlalu banyak air.

Bila Anda terlalu banyak memberi air maka tanaman anggrek akan tenggelam. Letakkan es batu di pot anggrek setiap hari, air yang mencair dari es batu akan memberikan hidrasi secara perlahan.

Baca juga: Bunga yang Diawetkan dan Bunga Kering, Apa Bedanya? 

7. Buat kotak transparan dan pita untuk mempercantik bunga

Ketika Anda menyadari bahwa unuk membuat bunga meja memang diperlukan keahlian, mengapa tak coba membuat bunga yang dimasukkan ke dalam kotak transparan dan diberi pita. Hasilnya pasti lebih cantik dan Anda bisa langsung melihat bentuk bunganya.

8. Masukkan vas ke dalam vas

Satu lagi kreasi merangkai bunga yang tidak pernah Anda duga sebelumnya, yakni memasukkan vas ke dalam vas. Dalam hal ini usahakan kedua vas terbuat dari kaca bening. Masukkan vas berisi bunga ke dalam vas yang lebih besar. Isi vas yang lebih besar dengan air dan potongan buah lemon. Vas bunga Anda akan terlihat luar biasa unik dengan metode ini.

9. Keringkan bunga dengan cara menggantung di tempat sejuk

Ingin mengeringkan bunga untuk membuat buket bunga cantik atau bunga meja? Keringkan bunga dengan cara mengikatnya dengan pinta dan gantung di tempat-tempat sejuk sebagai hiasan. Misalnya di sudut bingkai foto, tempat menggantung kunci atau pintu rumah Anda.

Acrylic Classic Pink, Rp 795.000,- ; Beli di sini

10. Letakkan koin di dasar vas bunga

Kami yakin bahwa trik yang satu ini belum pernah Anda dengan sebelumnya. Ya, menaruh koin di dalam vas berisi air dan bunga ternyata bisa membuat bunga segar lebih lama. Bahan tembaga yang dipakai untuk membuat koin konon bisa mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur.

11. Pilih bunga berwarna gelap untuk pasangan pria

Ketika Anda tinggal bersama pasangan dalam sebuah rumah atau apartment, jangan terlalu mendominasi tempat tinggal dengan bunga-bunga berwarna cerah. Tampilkan kesan maskulin pasangan dengan meletakkan bunga berwarna gelap di beberapa titik. Dekorasi dengan bunga berwarna gelap akan membuat pasangan merasa lebih nyaman.

12. Putar kepala mawar untuk mendapatkan kelopaknya

Apakah Anda ingin mandi di bak berisi taburan kelopak bunga mawar? Berhenti memetik kelopak satu persatu karena hal tersebut sangat memakan waktu. Putar kepala mawar untuk merontokkan kelopaknya. Jadi, Anda tidak perlu memetik satu persatu.

13. Membuat buket bunga pelangi

Buket bunga pelangi adalah buket yang berisi bunga-bunga beraneka warna. Agar Anda tidak bingung untuk memulai warna bunga yang akan dirangkai, urutkan bunga-bunga tersebut sesuai warna yang Anda sukai.

14. Membuat Buket Bunga Mawar dengan Menumpuknya Satu Sama Lain

Untuk membuat buket bunga cantik dari mawar caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menumpuk setiap tangkai secara menyilang. Masukkan setiap tangkai mawar dengan batang menyilang satu sama lain sampai vas bunga penuh.

15. Percantik vas bunga

Cara yang satu ini sangat efektif untuk membuat bunga meja tampak lebih indah. Selain mempelajari teknik merangkai bunga di rumah, Anda pun harus mengetahui cara mendesain vas bunga polos agar terlihat lebih cantik. Vas bunga akan membuat rangkaian bunga Anda terlihat lebih menarik.
icon-arrow-left Kembali ke Inspirations

STAY IN TOUCH

Keranjang Belanja