Advertisement
Advertisement

15 Fakta Tentang Mawar yang Belum Anda Tahu

Sangat indah dan memesona, itulah kesan yang di dapatkan dari bunga mawar. Keindahan yang dimiliki oleh bunga ini, membuat mawar menjadi salah satu pilihan bunga favorit untuk dijadikan hadiah.

15 Fakta Tentang Mawar yang Belum Anda Tahu

SELAIN memesona, ada beberapa fakta menarik yang dimiliki oleh bunga ini. Berikut ini 15 fakta tentang bunga mawar yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya

1. Jenis Bunga Mawar Terbesar

Ternyata, ada jenis bunga mawar terbesar di dunia, yaitu jenis bunga mawar Lady Banksia berwarna putih. Jenis mawar ini berada di Tombstone, Arizona. Semak mawar jenis ini diperkirakan mencakup luas lebih dari 9000 kaki persegi.

2. Mawar Tertua Berumur 1000 Tahun

Fakta menarik bunga mawar lainnya adalah adanya bunga mawar yang hidup mencapai 1000 tahun. Mawar ini tumbuh di dinding Katedral Hildesheim di Jerman dan keberadaannya didokumentasikan sejak tahun 815 M. Dari sebuah legenda, konon pohon mawar ini melambangkan kemakmuran kota Hildesheim. Bahkan ketika katedral hancur dibom pada tahun 1945, akar semak mawar ini masih kuat di dalam tanah dan kembali tumbuh lebat tak lama setelah kejadian tersebut.

3. Mawar Termahal di Dunia

    Fakta tentang bunga mawar menarik lainnya adalah adanya bunga mawar termahal di dunia. Mawar jenis ini adalah mawar dengan varietas tahun 2006 yang dibudidayakan oleh petani mawar, David Austin. Adapun untuk mengembangkannya, ia membutuhkan total biaya 5 juta dollar, dengan jangka waktu pengembangbiakan selama 15 tahun.

    4. Tidak Ada Mawar Berwarna Hitam

      Anda dapat dengan mudah menemukan mawar berwarna merah dan putih, serta mungkin pernah melihat mawar warna lainnya seperti biru, kuning, pink, dan sebagainya. Namun, pernahkah Anda menemukan jenis mawar berwarna hitam?

      Mungkin di antara Anda pernah menemukan mawar berwarna hitam, namun sebenarnya bunga tersebut merupakan mawar yang berwarna merah sangat gelap sehingga nampak berwarna hitam. Salah satu bunga jenis ini yaitu Mawar Hitam Turki.

      5. Bisa Tumbuh Cukup Tinggi

        Ternyata, bunga mawar bisa tumbuh cukup tinggi. Semak mawar tertinggi berdiri setinggi lebih dari 7 meter.

        6. Memiliki Banyak Spesies

          Selain memiliki beragam warna, ternyata mawar memiliki banyak spesies. Dari berbagai jenis mawar, diketahui ada sekitar 100 jenis spesies bunga mawar di dunia.

          7. Dapat Tumbuh Menjadi Buah

            Memiliki bentuk yang sangat indah dan kerap kali dijadikan sebagai hadiah dengan dirangkai dalam buket bunga cantik, mawar ternyata dapat tumbuh menjadi buah. Buah yang dihasilkan dari bunga mawar disebut dengan rose hip. Buah rose hip memiliki bentuk menyerupai buah beri, dan sebagian besar berwarna merah, namun juga memiliki versi lain yaitu berwarna hitam dan ungu gelap.

            8. Kaya Akan Vitamin C

              Pada beberapa spesies, bunga mawar juga diketahui kaya akan vitamin C. Adapun vitamin C tersebut dapat diperoleh dari buah mawar (rose hip) yang sering dijadikan bahan makanan seperti selai dan jelly. Selain itu, rose hip juga dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan seperti suplemen atau juga sirup rose hip.

              9. Dimanfaatkan Sebagai Aksesori

                Pada masa Romawi Kuno, selain sering dijadikan bahan dekorasi ruangan, bunga mawar juga digunakan sebagai aksesori seperti kalung. Di kalangan Romawi juga dipercaya bahwa apapun yang dikatakan "di bawah mawar" dianggap sangat rahasia.

                10. Hidup dalam Jangka Waktu yang Lama

                  Mawar juga diyakini sebagai bunga yang dapat hidup dalam jangka waktu yang lama. Ada beberapa fosil mawar yang ditemukan dan diduga berasal dari 35 juta tahun yang lalu. Ada juga semak mawar besar yang menutupi dinding Katedral Hildesheim di Jerman telah tumbuh selama lebih dari satu milenium.

                  11. Pernah Dibawa ke Luar Angkasa

                    Di tahun 2002, sebuah mawar miniatur, bernama "Overnight Scentsation", dibawa ke luar angkasa untuk membantu dalam penelitian untuk mengetahui efek gravitasi lemah pada aroma mawar. Studi ini bertujuan mempelajari cara meningkatkan aroma wewangian dalam sejumlah produk.

                    12. Taman Mawar Pribadi di Italia

                      Di Italia terdapat sebuah taman pribadi bernama Cavriglia dengan koleksi mawar terbanyak yaitu sebanyak 7.500 varietas.

                      13. Kuncup Mawar Terkecil di Dunia

                        Dari berbagai jenis kuncup mawar yang ada, ternyata pernah ditemukan kuncup mawar terkecil yaitu seukuran sebutir beras.

                        14. Bunga yang Disebutkan dalam Alkitab

                          Ada tiga jenis bunga yang diceritakan di dalam Alkitab, dan mawar adalah salah satunya. Selain mawar, bunga lainnya yang disebutkan di dalam Alkitab yaitu bunga lili dan camphire (pacar).

                          15. Dikenal Sebagai Simbol Cinta

                            Sejak zaman kuno, bunga mawar telah dikenal sebagai simbol cinta. Selain itu, bunga mawar juga diasosiasikan dengan simbol simpati atau dukacita.

                            Tinggalkan komentar

                            Komentar akan ditinjau sebelum ditampilkan

                            icon-arrow-left Kembali ke Inspirations
                            Keranjang Belanja
                            Log In / Sign Up