Advertisement
Advertisement

Tips Agar Bunga Mawar Anda Lebih Tahan Lama

Tak sedikit orang yang memanfaatkan bunga sebagai simbol rasa kasih sayang pada orang terdekat Anda. Baik dengan setangkai bunga maupun berupa buket bunga yang segar. Dibandingkan dengan memberikan bunga palsu, memberikan bunga asli yang masih segar jauh lebih membuatnya senang.

Tips Agar Bunga Mawar Anda Lebih Tahan Lama

WANITA mana yang tak senang apabila seseorang yang spesial memberikan Anda sebuah buket bunga mawar. Bunga mawar memiliki keindahan yang begitu mempesona dan memiliki makna sendiri, terlebih Anda mendapatkannya dari orang yang sangat spesial di hidup Anda.

Namun, seringkali para wanita merasa bingung setelah mendapatkan bunga pemberian dari pujaan hati ataupun sahabat. Karena pada kenyataannya, buket bunga mawar asli pasti akan layu dan membusuk dalam beberapa hari.

Baca juga: Kenali Pesan Rahasia di Balik Warna Mawar

Tidak jarang juga Anda kurang perhatian dengan membiarkan bunga yang Anda terima begitu saja. Padahal Anda ingin melihat bunga tersebut dalam waktu yang lama. Sebenarnya ada beberapa tips/cara merawat bunga mawar Anda agar tahan lebih lama yang akan dibahas pada ulasan berikut :

Sebelum merakit bunga menjadi buket bunga mawar, hal yang harus diperhatikan adalah kondisi dari bunga mawar itu sendiri.

  1. Siapkan 2 mangkuk berisi air
  2. Isi mangkuk pertama dengan air dengan suhu kamar (diambil langsung dari air keran)
  3. Selanjutnya, isi mangkuk kedua dengan satu liter air hangat (tidak dalam kondisi mendidih, tapi jika disentuh oleh tangan akan terasa panas)
  4. Untuk mangkuk kedua yang berisi air hangat, tambahkan satu sendok teh gula pasir dan beberapa tetes pemutih pakaian. Kemudian aduk hingga gulanya larut
  5. Jika semuanya sudah siap, ambillah setangkai bunga mawar, celupkan batang mawar di air mangkuk yang pertama, lalu potong ujung batangnya sekitar 1,2 cm.
  6. Segera tempatkan bunga mawar di mangkuk kedua yang berisi air hangat, lalu teruskan sampai semua bunga mawar telah dipotong dan diletakkan di wadah air hangat.
  7. Terakhir, biarkan wadah yang berisi air hangat menjadi dingin. Masukkan semua bunga mawar ke dalam kulkas agar tetap awet. Tutupi kelopak bunga dengan tisu agar tetap terjaga.
  8. Lalu, Anda bisa mulai merangkainnya menjadi sebuah buket bunga yang cantik atau bunga bunga mawar yang Anda petik bisa Anda letakkan di vas bunga.

Mengapa menggunakan pemutih pakaian? Sebab pemutih pakaian akan membuat air selalu bersih yang terhindar dari lumut, sehingga bunga akan bertahan lebih lama. Efek dari pemutih pakaian dan gula yang dimasukkan ke dalam air hangat akan membuat kualitas bunga menjadi lebih baik.

Anda juga bisa mengganti mangkuk kedua yang diisi air hangat dengan vas bunga Anda dirumah. Jadi, bunga mawar Anda akan bertahan lebih lama.

Dapatkan Passionate Red Rose Kiss dengan harga Rp 695.000,- Beli di sini

Ada cara lain untuk membuat buket bunga mawar yang Anda terima tahan lama.

1. Umumnya pada buket bunga yang dibuat oleh toko bunga, setiap ujung batangnya ditutupi dengan kapas/busa dan dibalut oleh alumunium foil. Bukalah penutup tersebut, kemudian potong ujung batangnya dengan posisi miring.

Bersihkan dedaunan yang berada di batang bagian bawah, jangan lupa untuk bersihkan duri-duri yang ada dibatang sebelum Anda letakkan di vas bunga. Isi lah vas bunga dengan air bersih dan gantilah air setiap hari dengan membersihkan daun, kelopak bunga dan apabila jung batang sudah mulai kecoklatan potong lagi sekiatr 1 cm dengan posisi miring. Lalu Anda bisa meletakkan vas bunga di ruangan favorit Anda.

2. Anda juga bisa menyimpan vas bunga dilemari pendingin, agar menjaga kesegaran bunga tetap segar dan tahan lebih lama (biasanya hal ini dilakukan oleh toko bunga).

Namun, kelemahan penyimpanan di lemari pendingin adalah Anda tidak dapat menikmati kesegaran dan keindahannya setiap saat. Anda hanya menjaganya agar tahan lama saja. Selain itu, Anda juga bisa menyimpan vas bunga yang berisi bunga mawar di ruangan ber-AC.

    Bunga merupakan tanda cinta, agar tetap terjaga, tak ada salahnya Anda rawat bunga tersebut agar tak mudah layu begitu saja. Jadikanlah tips merawat bunga di atas untuk menjaga bunga-bunga yang Anda terima dari orang yang menyayangi Anda.

    Tinggalkan komentar

    Komentar akan ditinjau sebelum ditampilkan

    icon-arrow-left Kembali ke Inspirations
    Keranjang Belanja