Outerbloom is now available in Grand Indonesia - Central Dept Store Ground Floor. Get yours now!
Advertisement
Advertisement

Cara Merawat Bunga Anggrek agar Mekar Cantik Sempurna

Siapa yang tidak mengenal bunga anggrek? Bunga cantik yang identik dengan warna indahnya merupakan bunga yang populer dan juga sangat diminati oleh banyak orang. Selain memiliki bentuk yang indah dan memesona, bunga anggrek merupakan jenis bunga yang eksklusif, sehingga tak jarang bunga ini banyak dipilih sebagai hadiah terutama untuk merayakan momen-momen spesial.

Cara Merawat Bunga Anggrek agar Mekar Cantik Sempurna

ADA dua jenis bunga anggrek yang dapat kita temui, adapun beberapa jenis anggrek tersebut adalah sebagai adalah:

1. Phalaenopsis atau Anggrek Ngengat

    Jenis anggrek ini memiliki tipe bunga bundar dan memiliki kelopak yang menguncup seperti bibir. Phalaenopsis tumbuh pada batang tinggi tunggal yang timbul dari lingkaran daun oval

    2. Dendrobium atau Anggrek Tebu

      Dendrobrium memiliki jenis bunga kecil yang tumbuh berbaris pada satu batang. Daun pada bunga dendrobium biasanya berukuran kecil dan sempit sehingga terlihat sangat indah.

      Jenis anggrek ini merupakan salah satu jenis anggrek yang banyak dipilih sebagai hiasan karena relatif mudah untuk dipelihara. Jenis bunga ini juga merupakan salah satu jenis bunga yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia karena harga perawatan anggrek dendrobium cukup terjangkau dan cara perawatannya pun mudah.

      3. Anggrek Bulan

        Bagi para pencinta tanaman, pasti tak asing dengan jenis anggrek ini. Anggrek bulan merupakan salah satu anggrek yang sangat populer di Indonesia karena kecantikannya sehingga bunga ini juga dijadikan bunga nasional Indonesia. Merawat anggrek bulan juga tergolong mudah karena bunga ini ramah pada seluruh iklim.


        1 Stalk Of Purple Phalaenopsis Orchid In A Pot, Rp 345.000; beli di sini

        Agar dapat menghasilkan bunga yang cantik, cara menanam dan merawat bunga anggrek juga memiliki cara khusus. Dimulai dari cara menyiram anggrek, pemilihan pupuk, dan juga suhu tempat menaruh tanaman ini juga haruslah mendapat perhatian. 

        1. Pemilihan bibit yang baik

          Ketika Anda menginginkan anggrek yang berbunga cantik, maka langkah awal yang sebaiknya dilakukan adalah memilih bibit yang baik terlebih dahulu. Bibit anggrek yang baik memiliki kriteria telah berusia satu tahun serta telah memiliki daun dan akar.

          Cara menanamnya adalah dengan memasukan bibit ke dalam plastik selama tiga bulan dan setelahnya dipindahkan ke dalam pot dengan diameter 6-12 cm. Setelah itu, Anda dapat memupuknya dan menyiram bunga anggrek tersebut dengan cara yang benar.

          2. Penanaman di tempat yang baik dan benar

            Ketika Anda ingin merawat anggrek bulan yang baik dan benar, Anda harus Perhatikan cara penanaman serta lokasi yang baik untuk anggrek. Tanaman anggrek tidak memerlukan sinar matahari yang banyak, hanya membutuhkan sekitar 20 persen cahaya matahari setiap hari sehingga untuk merawat anggrek bulan atau anggrek lainnya, letakkan pada kisaran suhu 30 derajat celcius untuk siang hari dan sekitar 23 derajat untuk malam hari.


            Refinement Beauty in Vase, Rp 1.035.000; beli di sini

            3. Siram secara berkala dengan teknik yang tepat

              Kegiatan menyiram tanaman kadang dianggap sepele, padahal pada jenis bunga anggrek, Anda harus menyiramnya secara berkala dengan teknik yang tepat agar bunga pada tanaman anggrek dapat tumbuh dengan subur dan berbunga cantik.

              Cara menyiram anggrek yang tepat adalah dengan menyiram bagian akar setiap hari dan dilakukan pada dua waktu yaitu di pagi hari antara pukul 7 -  9 pagi dan di sore hari antara pukul 3 - 5 sore.

              Namun, bila memasuki musim penghujan, Anda tidak perlu lagi menyiram bunga anggrek apabila lokasi penanamannya berada di alam terbuka karena anggrek akan mendapatkan cukup air dari air hujan.

              Hindari penyiraman bunga anggrek dengan air yang terlalu banyak karena akan menimbulkan tingkat kelembapan yang terlalu tinggi sehingga menyebabkan bunga membusuk dan ditumbuhi jamur. Anda bisa menggunakan air kurang lebih 500 ml. Untuk membuat tanaman semakin subur, Anda juga bisa memberikan ZPT atau hormon pada bunga sesekali.

              Anggrek yang cantik dan berbunga banyak akan terlihat sangat indah, maka untuk membuat tanaman anggrek berbunga indah, Anda harus merawatnya secara baik dan benar agar dapat menghasilkan bunga anggrek indah dan menawan.

              icon-arrow-left Kembali ke Inspirations
              Keranjang Belanja
              Log In / Sign Up