Advertisement
Advertisement

8 Tips Membuat Mawar Segar Anda Awet

Ketika memberikan buket bunga sebagai hadiah upacara kelulusan, hadiah valentine dan juga ucapan selamat kepada rekan kerja maupun sahabat Anda, mawar merupakan jenis bunga yang populer diberikan.

SETELAH Anda menerima mawar indah, sangat sayang jika bunga ini layu dan rusak begitu saja. Untuk membuatnya tetap indah dalam beberapa hari ke depan, Anda perlu memikirkan cara agar mawar awet dan tetap terjaga keindahannya meski sudah berhari-hari.

Berikut ini 8 cara membuat mawar awet dan tetap segar.

1. Soda

Selain untuk dikonsumsi, ternyata soda memiliki manfaat untuk mengawetkan bunga, terutama untuk bunga mawar. Cara membuat mawar awet menggunakan soda yaitu dengan menuangkan seperempat soda ke dalam vas tempat bunga mawar.

Batang bunga mawar yang terendam oleh soda yang telah Anda masukan ke dalam vas akan membuat mawar lebih bertahan lama. Gula yang terkandung di dalam soda akan membuat bunga mawar mekar dan bertahan lebih lama.

Bagi Anda yang menggunakan vas berwarna putih maupun bening, agar terlihat tetap indah dan jernih, usahakan untuk memberikan soda tanpa warna atau soda berwarna putih maupun bening agar tetap terlihat indah.

2. Hairspray

Tidak hanya membuat gaya rambut bertahan lebih lama, hairspray juga mampu membuat mawar Anda bertahan indah lebih lama. Agar mawar awet, Anda dapat menyemprotkan hairspray secara cepat dan agak sedikit menjauh di sekitar bawah daun dan juga di sekitar kelopak bunga mawar.

3. Cuka Apel

Selain menggunakan soda dan hairspray, cara membuat mawar awet adalah dengan menggunakan cuka apel.

Untuk pemanfaatan cuka apel dalam mengawetkan bunga mawar, Anda dapat mencampurkan 2 sendok makan cuka apel dan 2 sendok makan gula ke dalam vas tempat Anda akan menaruh bunga mawar Anda.

Untuk membuat bunga mawar tetap awet dan indah, pastikan untuk menggantikan air yang telah dicampurkan cuka apel dan gula secara berkala.

4. Vodka

Untuk membuat mawar tetap indah dan subur meski sudah dipotong, maka hal yang harus dilakukan adalah meminimalkan pertumbuhan bakteri yang ada di dalam air dan memberikan nutrisi dan 'makanan' yang sama ketika bunga tersebut masih dalam keadaan memiliki akar (sebelum di potong).

Untuk mensiasatinya, Anda dapat menggunakan vodka agar tetap menjaga bunga mawar tetap segar dan indah. Tambahkan beberapa tetes vodka dan campurkan dengan 1 sendok teh gula ke dalam vas. Untuk membuat bunga tetap awet, ganti campuran vodka dan gula tersebut setiap harinya.

5. Pemutih Pakaian

Bunga yang baru dipotong akan bertahan lama jika Anda menambahkan seperempat sendok teh pemutih dengan satu liter air yang sudah Anda masukan ke dalam vas bunga.

Anda dapat memberikan 3 tetes pemutih dan satu sendok teh gula ke dalam air. Selain dapat membuat bunga mawar menjadi tahan lama, mencampurkan pemutih pakaian ke dalam air tempat vas bunga mawar dapat membuat air menjadi tidak keruh.

6. Aspirin

Untuk membuat bunga-bunga mawar Anda tetap indah meski dalam keadaan sudah terpotong akarnya, Anda dapat menggunakan aspirin sebagai bahan yang dicampurkan ke dalam vas tempat Anda menaruh bunga mawar tersebut.

Masukan beberapa aspirin yang sudah dihancurkan ke dalam air vas bunga mawar, sehingga mawar yang Anda taruh di dalam vas akan tetap segar dan indah.

7. Gula

Selain bermanfaat untuk memberikan rasa pada makanan maupun minuman, gula juga memiliki khasiat dalam menjaga mawar agar tetap awet.

Anda dapat melarutkan 3 sendok makan gula dan 2 sendok makan cuka putih dengan satu liter air hangat. Saat Anda mengisi vas, pastikan batang yang dipotong ditutupi oleh 3-4 inci atau sekitar 7-10 cm air dengan campuran gula yang telah Anda buat.

8. Koin

Alternatif lainnya yang dapat Anda lakukan untuk membuat mawar tetap awet adalah dengan menggunakan koin. Kedengaran unik, namun ternyata koin ampuh untuk mempertahankan mawar agar tetap awet.

Masukan koin ke dalam vas bunga yang telah terisi air dan juga sudah diberikan gula. Partikan tangkai bunga mawar terendam air dengan campuran gula dan juga koin yang sudah diletakan di dalamnya agar bunga tetap subur dan indah.

icon-arrow-left Kembali ke Inspirations

STAY IN TOUCH

Keranjang Belanja
Log In / Sign Up