Advertisement
Advertisement

7 Manfaat Lilin Aromaterapi untuk Kesehatan

Ada banyak pemicu stres di dunia ini. Pekerjaan adalah salah satu faktor utamanya. Stress di kantor ditambah waktu istirahat yang tidak menentu, bisa memperparah kondisi kesehatan mental seseorang.

7 Manfaat Lilin Aromaterapi untuk Kesehatan

SEBENARNYA ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir stres, namun yang paling mudah adalah dengan menyalakan lilin aromaterapi

Ya, wewangian memang dipercaya bisa menjadi salah satu metode menghilangkan stress. Bahkan, wewangian atau yang biasa dikenal sebagai aromaterapi, sudah digunakan 5000 tahun lalu oleh bangsa Mesir Kuno untuk pemandian mereka. 

Apa Itu Aromaterapi?

Aromaterapi bukanlah wangi-wangian biasa layaknya parfum yang kita kenal saat ini. Aromaterapi dikenal sebagai salah satu metode untuk penyembuhan yang menggunakan tumbuhan alami untuk meningkatkan kondisi kesehatan fisik dan mental. 

Aromaterapi tidak hanya bekerja ketika dihirup manusia, tetapi juga ketika diserap oleh kulit, terutama pada produk aromaterapi berupa minyak. 

Saat ini, aromaterapi muncul dalam beragam bentuk. Lilin aromaterapi adalah salah satu bentuk olahannya yang sangat populer dan digemari banyak orang. 

Manfaat Lilin Aromaterapi

Setidaknya ada 7 manfaat lilin aromaterapi yang kemungkinan besar belum Anda ketahui, yaitu:

1. Menurunkan Tingkat Stres

    Stres akan sangat berbahaya bagi kesehatan mental seseorang jika dibiarkan terus-menerus. Beberapa orang mungkin akan mengalami sulit tidur dan sulit lelap ketika stres melanda. Untungnya, lilin aromaterapi memiliki khasiat menurunkan kadar stres yang terbukti ampuh bagi banyak orang.

    Lilin beraroma rose abs, lavender, dan cardamom adalah lilin yang dikenal sangat efektif untuk menciptakan relaksasi. Aroma ylang-ylang juga bisa membuat saraf-saraf Anda relax dan lilin beraroma kulit jeruk ampuh dalam menekan tingkat frustasi dan kemarahan. 

    2. Meningkatkan Energi

      Tidak hanya menurunkan tingkat stres, beberapa jenis lilin aroma terapi juga efektif untuk meningkatkan energi dan memperbaiki mood. Pilih lilin-lilin yang beraroma kayu manis, lemon dan jahe yang ampuh memberikan efek ini. 

      3. Meredakan Hidung Mampet

        Daripada mengonsumsi obat yang dapat mencederai ginjal, Anda dapat menghirup lilin aromaterapi ketika sedang pilek. Caranya adalah dengan menyalakan lilin beraroma daun mint dan lihat hasilnya.

        Lilin ini juga bisa membantu Anda meredakan flu, panas, hingga infeksi. Lendir di hidung pun akan melunak begitu tersentuh aroma ini. 

        4. Mengatasi Kelelahan

          Jika Anda sering merasa lelah, menyalakan lilin beraroma daun mint, basil, atau eucalyptus adalah pilihan terbaik. Aroma-aroma tersebut mampu membantu Anda melawan kelelahan. Mereka juga efektif untuk meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. 

          5. Meningkatkan Kualitas Tidur

            Lilin aromaterapi adalah cara yang bagus dalam mengatasi masalah tidur. Aroma-aroma seperti lavender, marjoram, hingga Roman chamomile dipercaya mampu membantu untuk lebih mudah tidur dan beristirahat. Anda bisa mulai mencobanya dengan menyalakan lilin tersebut sebelum tidur, dan rasakan perubahan kualitas tidur setelahnya. 

            6. Meringankan Otot-Otot yang Nyeri

              Ya, Anda tidak salah baca, lilin aromaterapi memang dikenal mampu meredakan nyeri otot, terutama lilin-lilin dengan campuran minyak jahe. 

              7. Manfaat Lainnya

                Sebenarnya masih banyak manfaat-manfaat yang mungkin belum disebutkan. Mengutip dari laman healthline.com, berikut adalah beberapa manfaat dari lilin aromaterapi:

                • Meredakan migrain
                • Meringankan efek setelah kemoterapi
                • Melawan bakteri, virus, dan jamur
                • Meningkatkan daya tahan tubuh

                Lilin aromaterapi memang banyak memiliki manfaat bagi kesehatan fisik maupun mental, namun perlu diingat untuk tidak menggunakan lilin ini secara berlebihan. Nyalakan lilin di jarak yang aman, jangan terlalu dekat, karena kandungan paraffin pada lilin berbahaya bagi kesehatan.

                icon-arrow-left Kembali ke Inspirations

                STAY IN TOUCH

                Keranjang Belanja
                Log In / Sign Up