Advertisement
Advertisement

7 Manfaat Cokelat Hitam Bagi Kesehatan

Tidak seperti cokelat lain yang memiliki rasa manis, dark chocolate atau cokelat hitam justru identik dengan rasanya yang pahit. Tapi dibalik rasa pahit tersebut, jenis cokelat satu ini justru menyimpan banyak manfaat baik bagi tubuh. 

7 Manfaat Cokelat Hitam Bagi Kesehatan

DARK chocolate atau yang dikenal dengan sebutan cokelat hitam merupakan cokelat yang terbuat dari biji pohon kakao dan merupakan salah satu antioksidan terbaik di dunia.

Disebut cokelat hitam karena jenis cokelat yang satu ini menggunakan lebih sedikit gula dan biasanya terdiri dari 70% - 99% kakao sehingga rasanya lebih pekat. 

Meskipun pahit dan tidak terlalu manis seperti jenis cokelat lainnya, dark chocolate nyatanya memiliki banyak manfaat lho. Sebuah penelitian kesehatan pernah mengungkapkan jika mengonsumsi cokelat hitam bisa menurunkan resiko terserang penyakit jantung.

Nah, jika Anda masih ragu kami telah merangkum 7 manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi cokelat hitam. Berikut ulasannya

1. Kaya Akan Nutrisi Baik

Cokelat hitam dengan kandungan kakao yang tinggi bisa mengandung banyak nutrisi yang baik buat tubuh anda. 100 gram cokelat hitam dengan kadar kakao sebesar 70 – 85% mengandung :

  • 11 gram serat
  • 67% RDA untuk zat besi
  • 58% RDA untuk magnesium

Cokelat hitam juga mengandung fosfor, zinc, dan potasium.

2. Sumber Antioksidan yang Baik

Sudah menjadi rahasia umum jika pola makan kurang baik serta paparan polusi yang mengandung radikal bebas menjadi penyebab tubuh dapat terkena berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes, asma, dan sebagainya. 

Tapi jangan khawatir, Anda dapat sedikit melindungi tubuh dengan mengonsumsi dark chocolate. Bukan tanpa alasan, cokelat hitam mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh Anda dari radikal bebas.

Cokelat hitam mengandung polifenol dan flavanol yang merupakan antioksidan baik bagi tubuh. Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan jika cokelat hitam mengandung lebih banyak polifenol dan flavanol dibandingkan buah Blueberry.  

Lindt Crystal Heart Tin Red, Rp 145.000,- ; Beli di sini

3. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat cokelat untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu menurunkan tekanan darah. Manfaat tersebut didapatkan karena kandungan flavanol dalam cokelat hitam dapat merangsang pengiriman sinyal ke arteri untuk menurunkan tekanan darah dan melancarkan aliran darah menuju otak.

Perlu diingat jika cokelat hitam hanya dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam jumlah kecil dan dibutuhkan penelitian kesehatan lebih lanjut untuk tahu apakah coklat jenis ini dapat dijadikan obat.

4. Meningkatkan Kadar HDL dalam Darah

Sebuah penelitian menunjukkan, konsumsi cokelat hitam dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan resiko terserang penyakit seperti stroke.

Hal tersebut dikarenakan cokelat hitam dapat membantu meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat). Dengan meningkatkanya kadar HDL, maka risiko terkena kolesterol pun semakin kecil. 

Sementara itu perlu diketahui jika kadar LDL dapat meningkat setelah bereaksi dengan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh Anda. Kondisi inilah yang dapat membuat arteri Anda menyempit dan merangsang penyakit jantung.

5. Menurunkan Resiko Terserang Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular adalah penyakit yang berada di dalam jantung dan sistem saluran peredaran darah termasuk peredaran menuju otak. Kondisi ini dapat menyebabkan penyakit vaskuler yang merusak hampir bagian tubuh manapun khususnya yang mempunyai pembuluh darah kecil seperti mata, ginjal, paru-paru, dan otak.

Sebuah penelitian mengungkapkan jika manfaat cokelat untuk kesehatan adalah dapat membantu menurunkan resiko terserang penyakit kardiovaskular. Namun, masih dibutuhkan penelitian kesehatan lebih lanjut tentang jumlah cokelat hitam yang tepat untuk dikonsumsi dalam sehari agar terhindar dari penyakit tersebut.

6. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari secara langsung dapat merusak kulit Anda seperti membuat kulit menjadi kering, kemerahan, dan kusam. Tapi tenang, semua itu bisa dibantu dengan konsumsi cokelat hitam.

Mengonsumsi cokelat hitam dapat membantu melindungi kulit Anda dari radiasi sinar matahari dan melancarkan aliran darah dalam lapisan kulit. Jadi para pria, berikan cokelat hitam sebagai hadiah Valentine untuk pasangan Anda agar penampilan selalu terlihat cantik dan menawan ya.

Ferrero Rocher T5, Rp 33.900,- ; Beli di sini

7. Memperbaiki Fungsi Otak

Manfaat terakhir dari konsumsi cokelat hitam bagi kesehatan adalah mampu memperbaiki fungsi otak. Sebuah penelitian menunjukkan jika mengonsumsi cokelat hitam dapat meningkatkan fungsi kognitif otak Anda karena kakao mengandung zat stimulan seperti kafein yang bisa memperbaiki fungsi otak dalam jangka pendek.

Tinggalkan komentar

Komentar akan ditinjau sebelum ditampilkan

icon-arrow-left Kembali ke Inspirations
Keranjang Belanja