Advertisement
Advertisement

7 Cara Ucapkan Maaf untuk Si Dia

Berdebat dengan kekasih sehingga membuat si dia marah kepada Anda? Hal ini adalah hal yang biasa terjadi. Namun, jangan biarkan hal ini terjadi berlarut-larut, ya! Yuk simak cara-cara untuk ucapkan maaf ini.

BILA pasangan Anda marah ataupun terdapat kesalahpahaman, sebaiknya Anda minta maaf ke pacar Anda.

Tidak ada salahnya jika Anda meminta maaf terlebih dahulu kepada pasangan Anda bila Anda melakukan kesalahan ataupun hal-hal yang membuat pasangan Anda merasa kesal.

Ketika si Dia sedang dalam keadaan marah dan kesal, bisa jadi Anda juga akan merasa bingung untuk mengutarakan kata maaf untuk pacar maupun suami Anda.

Bagi Anda yang merasa bingung, berikut ini 7 cara yang bisa anda lakukan sebagai ungkapan kata maaf buat pacar atau kepada pasangan Anda

Mengakui Kesalahan yang Anda Perbuat

Ketika seseorang merasa marah dan kesal, hal utama yang akan membuat amarahnya reda adalah ketika si pembuat kesalahan menyadari kesalahan yang diperbuatnya.

Orang yang melakukan kesalahan harus mengakui dan menunjukkan kesadaran bahwa mereka telah menyakiti orang lain.

Dengan demikian, itu akan menunjukan bahwa Anda sungguh-sungguh mengakui kesalahan Anda dan tulus untuk minta maaf ke pacar, maupun pasangan Anda.

Selain itu, biarkan pasangan Anda meluapkan kekesalannya kepada Anda, biarkan dia mengeluarkan rasa kesalnya dan jadilah pendengar yang baik ketika ia sedang meluapkan emosinya.

Dengan demikian, maka emosinya juga akan segera mereda dan Anda memiliki peluang besar untuk dimaafkan dengan segera.

Bersikap Tulus

Hal ini adalah wajib dan hal utama yang harus Anda lakukan. Tunjukan bahwa Anda benar-benar tulus untuk menyampaikan kata maaf untuk suami, istri, maupun pacar Anda.

Anda bisa mengucapkan kalimat seperti 'Saya minta maaf jika saya menyakiti Anda,' atau 'Saya minta maaf karena membuat Anda menjadi....”. Dengan demikian, maka Anda benar-benar tulus mengakui kesalahan yang Anda perbuat.

Kimberly Hershenson seorang terapis di New York juga mengatakan kata maaf untuk suami maupun untuk pasangan yang terbaik adalah dengan menunjukkan bahwa Anda mengenali tindakan yang menyakiti hatinya, bertanggung jawab untuk meminta maaf kepada dirinya.

Minta Maaf

Ini adalah momen paling utama dan penting, yaitu meminta maaf. Sampaikanlah kata maaf buat pacar maupun pasangan Anda dengan cara yang tenang dan tidak memojokan mereka.

Bersikaplah rendah hati dan juga Anda bisa menyiasatinya dengan memberikan hadiah kepadanya.

Anda bisa memberikannya hadiah berupa tiket nonton konser berdua, memberinya buket bunga cantik, memberinya cokelat dan boneka, mengajaknya makan malam romantis, atau memberikan hal yang menjadi favoritnya.

Jangan Menganggap Permintaan Maaf Sebagai Menang Atau Kalah.

Mengakui kesalahan bukan berarti Anda berarti Anda kalah dari pasangan Anda. Ketika Anda minta maaf ke pacar maupun pasangan Anda, posisikan bahwa Anda berusaha untuk mengakui bahwa Anda bukanlah manusia sempurna.

Sehingga, kesalahan yang Anda lakukan bisa jadi merupakan kelemahan Anda yang juga sebaiknya dipahami pasangan Anda, sehingga pasangan Anda juga menjadi semakin dalam memahami diri Anda.

Menjadi salah bukanlah hal yang harus disesali, melainkan menjadi sebuah pembelajaran bagi Anda untuk memperbaiki diri, dan juga bagi pasangan Anda untuk semakin memahami satu sama lain.

Jangan Menyalahkan Mereka

Ketika terjadi konflik antara Anda dan pasangan, hal yang paling sering terpikirkan adalah membela diri dan menganggap Anda yang lebih benar dari si Dia.

Untuk memperbaiki keadaan dan agar permohonan maaf Anda diterima oleh pasangan Anda, hindarilah untuk menaruh mindset bahwa Anda yang benar dan dia yang salah.

Cobalah untuk introspeksi diri Anda dan lihat apa yang menjadi permasalahan, kesalahan apa yang membuat pasangan menjadi marah dan kecewa.

Jangan menyalahkan mereka, bahkan mengatakan bahwa itu kesalahan pasangan Anda.

Berusaha untuk berlapang dada dan tulus untuk meminta maaf adalah jalan terbaik agar hubungan Anda dan si dia kembali membaik.

Jangan Sungkan Minta Maaf Lebih dari Satu Kali

Tidak semua orang mudah untuk memaafkan, dan ketika Anda berusaha untuk meminta maaf pertama kali, jangan kaget bila permintaan maaf itu ditolak. Anda harus sabar dan tidak putus asa bila permintaan maaf pertama Anda ditolak.

Cobalah untuk mengajukan permohonan maaf untuk yang kedua, ketiga bahkan seterusnya sampai si Dia memaafkan Anda.

Ketulusan dan juga kesabaran Anda untuk meminta maaf dengannya akan menjadi penilaian positif bagi dirinya sehingga kemungkinan besar permintaan maaf Anda akan segera diterima.

Beri Tahu Mereka Bagaimana Anda Akan Berubah

Saat mengucapkan permohonan maaf, tak jarang Anda mengatakan bahwa Anda tidak akan mengulangi kesalahan yang sama dan berubah menjadi lebih baik.

Kalimat itu merupakan kalimat yang sebenarnya merupakan janji dan komitmen yang sudah Anda berikan dan harus dijalankan kepadanya. Maka, Anda juga harus berusaha menepati janji tersebut.

icon-arrow-left Kembali ke Inspirations

STAY IN TOUCH

Keranjang Belanja
Log In / Sign Up