Mother's Day Promo discount up to 50% - order now! 

Advertisement
Advertisement

6 Hal Manis yang Bisa Anda Lakukan untuk Kerabat Anda yang Baru Melahirkan

Momen kelahiran bayi merupakan momen membahagiakan bagi pasangan suami istri. Sebagai seorang kerabat, Anda pasti akan ikut senang mendengar berita ini dari kerabat Anda, bukan?

KEBAHAGIAAN ketika ada kelahiran seorang bayi ini dapat Anda tunjukan dalam bentuk perhatian dan hal-hal manis yang bisa Anda lakukan untuk kerabat yang baru saja melahirkan buah hatinya.

Lalu, apa saja yang bisa Anda lakukan untuk kerabat Anda yang baru saja melahirkan? Berikut ini hal-hal yang dapat Anda lakukan.

Membanjirinya dengan Berbagai Macam Makanan

Seorang ibu yang telah menjalani lahiran normal maupun lahiran sesar, ia menghabiskan banyak tenaga ketika proses persalinan. Tenaga ibu harus kembali dipulihkan dengan banyak istirahat serta mengonsumsi makanan bergizi.

Si ibu perlu banyak mengonsumsi makanan sehat dan bergizi untuk proses penyembuhan luka bekas operasi.

Belum lagi setelah melahirkan, si ibu akan lebih banyak begadang dan harus berkonsentrasi penuh untuk merawat sang bayi. Tentunya, mereka akan membutuhkan tenaga ekstra, bukan? 

Maka, sebagai kerabat maupun sahabat, Anda bisa memberikan support kepada mereka dengan memberikan makanan-makanan bergizi dan lezat agar tubuh mereka kembari pulih sehat pasca melahirkan bayi.

Selain itu, makanan bergizi dan lezat juga akan membuat ibu memiliki banyak tenaga untuk bisa mengurus sang bayi secara maksimal.

Beri Dia Zona Bebas Rasa Bersalah Akibat Jarang Mengangkat Telepon atau Membalas Pesan

Kehadiran bayi di tengah-tengah kehidupan kerabat Anda akan menyita waktunya untuk hal-hal lainnya, terutama menghabiskan waktu sekadar membalas pesan WhatsApp ataupun mengangkat telepon.

Ia pasti akan memfokuskan dirinya untuk bayinya. Sebagai kerabat yang baik, Anda harus memahami posisinya. Berikan waktu untuknya terbebas dari banyaknya telepon dan pesan.

Anda bisa meringankan bebannya dengan tidak banyak mengajaknya chatting, tetapi Anda bisa membantunya dengan meneleponnya atau mengirimkan pesan untuk menawarkan bantuan padanya.

Berikan Hadiah Perawatan Diri

Mengurus bayi yang baru lahir akan menyita banyak waktu bagi sang ibu. Jangankan untuk melakukan perawatan seperti manicure dan pedicure, mandi dan bisa mengeringkan rambut dengan sempurna sudah menjadikan prestasi membanggakan baginya.

Kerabat Anda pasti akan kehabisan waktu untuk sekadar merawat dirinya sendiri. Maka, sebagai sahabat, Anda bisa memberikan hadiah yang membantunya merawat diri sendiri.

Mengurus bayi yang baru lahir akan menyita banyak waktu bagi sang ibu. Jangankan untuk melakukan perawatan seperti manicure dan pedicure, bisa mandi dan mengeringkan rambut dengan sempurna saja sudah menjadi prestasi yang membanggakan.

Maka, sebagai sahabat, Anda bisa memberikan hadiah perawatan tubuh untuknya. Anda bisa menghadiahinya paket massage maupun jasa pedicure dan manicure yang dapat dipanggil ke rumah sehingga ia tetap bisa mengawasi bayinya dan tidak perlu meninggalkannya di rumah.

Anda juga bisa memesankan service seperti layanan creambath di rumah, dan Anda berlaku sebagai seorang kapster hari itu di rumah sahabat Anda.

Membantu untuk Menemani si Bayi

Pasca melahirkan bayi, kerabat Anda akan dibanjiri kunjungan dari teman-teman dan saudaranya di minggu pertama dan minggu kedua setelah melahirkan bayi.

Kunjungan tersebut akan semakin berkurang setelah melewati masa satu bulan pasca melahirkan bayi. Anda bisa meningkatkan intensitas mengunjungi kerabat Anda di masa-masa tersebut, karena dia pasti akan membutuhkan bantuan.

Anda bisa menawarkan bantuan seperti membantu menjaga bayinya dan membiarkannya untuk mandi dengan tenang, tidur siang sejenak, atau yoga sejenak untuk membuat tubuhnya sedikit lebih rileks.

Membantu Mengerjakan Tugas-tugasnya

Ketika fokus merawat sang bayi, kerabat Anda akan memiliki tanggung jawab yang lebih besar lagi.

Meski ada suami yang bisa membantu, kerabat Anda pasti tetap harus mengerjakan urusan rumah tangga lainnya, seperti membereskan rumah, ataupun memasak.

Anda bisa menawarkan diri untuk membantunya untuk meringankan bebannya, seperti membantunya mengantarkan pakaian kotornya ke tukang laundry, membantunya menyiapkan makan siang, atau membantunya membereskan rumah.

Rencanakan Untuk Pergi Jalan-jalan Bersama di Waktu Mendatang

Banyaknya waktu dan aktivitas yang dihabiskan kerabat Anda untuk mengurus bayinya, ternyata juga bisa membuatnya stress. Rasa jenuh dan letih akan datang dan mengganggu pikirannya sehingga ia menjadi stress.

Untuk itu, di sinilah peran Anda dibutuhkan. Anda dapat memberikan support dan semangat dengannya. Anda bisa mengajaknya mengatur waktu quality time bersamanya setelah si bayi sudah agak besar dan bisa ditinggal sejenak.

Hal ini akan membuatnya terus semangat dan akan menghilangkan rasa jenuh yang ada di pikirannya saat itu.

icon-arrow-left Kembali ke Inspirations

STAY IN TOUCH

Keranjang Belanja
Log In / Sign Up