Advertisement
Advertisement

8 Cara Merawat Dried Flower Agar Tetap Cantik

Rangkaian bunga yang hidup dan segar tentu terlihat cantik. Namun, setelah kering, bukan berarti bunga ini tidak bisa nampak indah lagi, lho. Bagaimana cara merawat rangkaian bunga kering agar tetap cantik?

BUNGA yang telah mengering ternyata dapat dimanfaatkan dan dibuat kembali menjadi kreasi bunga yang indah bahkan rangkaian bunga yang cantik.

Saat ini, banyak sekali yang memanfaatkan bunga kering menjadi bunga hiasan untuk dekorasi, bahkan rangkaian bunga hadiah.

Lalu, apa cara yang dapat dilakukan agar bunga yang telah mengering dapat dirawat menjadi bunga kering yang cantik? Berikut ini 10 cara merawat dried flower agar tetap cantik dan tetap indah dijadikan sebagai bunga hiasan

1. Simpan di Tempat yang Tepat

Berbeda dengan bunga hidup yang masih segar dan membutuhkan sinar matahari, bunga kering tidak membutuhkan sinar matahari dan harus disimpan di tempat yang lebih aman dan terlindungi dari paparan sinar matahari.

Karena bunga kering cenderung lebih rapuh dan warnanya rentan pudar, maka Anda sebaiknya menyimpannya di dalam pot yang kering dan bersih.

Bunga yang sudah berada di dalam pot hias kering dan bersih dapat diletakan di tempat-tempat dengan suhu ruangan seperti di ruang tamu, di meja makan sebagai bunga hiasan meja makan, maupun di dekat jendela kamar Anda.

Pastikan Anda juga menjaga kebersihannya sehingga bunga kering ini akan tetap terlihat indah.

2. Hindari di Ruangan dengan Kelembaban Tinggi

Meski tidak boleh disimpan di tempat yang tekena sinar matahari secara langsung, bukan berarti Anda harus menyimpan rangkaian bunga jenis ini di tempat yang memiliki kelembaban tinggi.

Tempat yang memiliki kelembaban tinggi juga membahayakan bagi bunga kering karna dapat membuat bunga kering menjadi lemas, lembab dan berjamur. Anda bisa menyimpannya di tempat yang kering dan tidak lembab.

3. Mengeringkan Bunga Sendiri

Bagi Anda yang memang ingin berkreasi untuk membuat bunga kering sendiri dari bunga-bunga segar Anda yang sudah lama, Anda juga bisa melakukannya dengan mengumpulkan bunga-bunga segar yang sudah lama ada di rak bunga.

Anda juga bisa berkreasi dengan bunga kering Anda dengan membuat kreasi bunga kering dalam botol kaca, yang ditambahkan dengan hiasan plastik lainnya. 

Anda juga bisa berkreasi dengan membuat DIY lainnya seperti membuat scrapbook bertema vintage, dan memanfaatkan bunga-bunga kering ini untuk mempercantik scrapbook buatan Anda.

4. Semprotan Udara Untuk Menghilangkan Debu

Bila Anda meletakan bunga kering di ruang keluarga maupun di sudut-sudut rumah, ada kemungkinan bunga ini akan berdebu.

Untuk merawatnya dan membuatnya tetap indah, Anda dapat menyemprotkan semprotan tekanan udara otomatis untuk membersihkan hiasan rangkaian bunga kering dari debu.

Semprotan udara untuk perawatan bunga kering memiliki tekanan udara yang keluar sangat cepat, maka pastikan Anda menyemprotkan dengan jarak yang cukup dari rangkaian bunga kering tersebut, agar bunga tidak rontok.

5. Kemoceng Untuk Menghilangkan Debu di Bunga Kering

Bila Anda tidak memiliki alat semprotan udara, cara manual yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan debu di rangkaian bunga kering Anda adalah dengan menggunakan kemoceng.

Anda bisa membersihkan bunga secara hati-hati dengan kemoceng agar debu di bunga terangkat dengan baik tanpa merusak rangkaian bunga.

Selain lebih mudah dan tidak memerlukan biaya yang banyak, membersihkan bunga secara manual juga mengurangi resiko bunga rusak dan juga menjaga bunga agar tetap awet.

6. Kotak Untuk Hiasan Bunga Kering

Layaknya bunga forever flower yang di simpan di dalam kotak, Anda juga dapat membuat kreasi bunga kering yang disimpan di dalam kotak.

Selain akan menjaganya agar tetap awet, menyimpan rangkaian bunga kering di kotak akan membuat bunga ini terlihat lebih cantik dan elegan.

7. Tempat Khusus Penyimpanan Bunga Kering

Ada baiknya juga Anda mencoba untuk membuat spot tempat penyimpanan bunga kering untuk menyimpan bunga-bunga kering yang Anda miliki.

Anda bisa menatanya menjadi lebih rapi dan lebih cantik, sehingga ruangan tersebut seakan menjadi ruangan atau spot cantik khusus bunga kering.

8. Tidak Menyimpan Bunga Kering di Dalam Plastik

Tidak hanya bunga segar, bunga kering juga sangat rapuh bila tidak di simpan secara benar. Agar bunga kering tidak rusak, simpanlah bunga di kotak atau di vas, jangan menyimpannya di plastik.

icon-arrow-left Kembali ke Inspirations

STAY IN TOUCH

Keranjang Belanja
Log In / Sign Up